Kompas TV regional peristiwa

Jelang Iduladha, Gibran Imbau Panitia Kurban Antar Daging Langsung ke Rumah Warga

Senin, 4 Juli 2022 | 18:32 WIB
jelang-iduladha-gibran-imbau-panitia-kurban-antar-daging-langsung-ke-rumah-warga
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (Sumber: KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati)

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

SOLO, KOMPAS.TV - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengimbau panitia kurban di berbagai masjid di wilayahnya untuk mengantar daging kurban langsung ke rumah warga.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk menghindari kerumunan warga di masjid saat pembagian daging kurban pada Iduladha mendatang.

"Saya menyarankan agar daging dikirim ke rumah, jangan ngumpul di masjid biar tidak ada kerumunan," kata Gibran seperti diwartakan Antara, Senin (4/7/2022).

Ia menerangkan terkait dengan panitia penyembelihan hewan kurban telah disusun oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta. "Itu sudah diatur sama Kemenag," terangnya.

Baca Juga: Aturan Pemotongan Hewan Kurban Saat Iduladha di Luar dan di RPH Selama PMK

Sementara itu terkait pelaksanaan salat id Iduladha, pihaknya memberikan pelonggaran kepada penyelenggara. Artinya, Gibran mengizinkan masyarakat untuk melaksanakan salat secara berjemaah baik itu di masjid ataupun di lapangan.

"Monggo silakan, tetap normal saja. Boleh shalat di lapangan, di jalan, ada beberapa jalan yang ditutup. Masjid juga boleh," ungkapnya.

Ia menyebut sejauh ini belum ada pembatasan aktivitas masyarakat selama perayaan Iduladha.

Meski demikian, hingga saat ini pihaknya masih menunggu instruksi Menteri Dalam Negeri terkait dengan aturan perayaan Iduladha.

"Pokoke belum ada pembatasan. Yang pasti kalau daging diantar ke rumah masing-masing lebih aman," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan KOMPAS.TV, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Republik Indonesia (RI) Zainut Tauhid Sa'adi menyampaikan penetapan 1 Zulhijah 1443 Hijriah jatuh pada Jumat (1/7/2022). Praktis, untuk Iduladha jatuh pada tanggal 10 Juli 2022.

Penetapan itu berdasar pada laporan dari 86 titik Rukyah di 34 Provinsi di Indonesia. Dari laporan itu, jelas Zainut, tidak ada satu pun perukyah yang melaporkan melihat hilal, sebagai mana yang dilaporkan Bimas Islam.

Baca Juga: Kejar Target Sebelum IdulAdha, Ribuan Sapi Sehat di Probolinggo Divaksin

Oleh karenanya, berdasarkan hisab seluruh Indonesia sudah di atas ufuk tapi belum memenuhi kriteria Menteri-menteri Agama Brunai Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura (MABIMS).

"Sehingga secara mufakat, 1 Zulhijah jatuh pada hari Jumat 1 Juli 2022," jelas Zainut melalui konferensi pers Sidang Isbat Kementerian Agama, Rabu (29/6).

Dengan keputusan ini, Iduladha akan jatuh pada 10 Zulhijah 1443 Hijriah atau Minggu, 10 Juli 2022.


Sumber : Kompas TV/Antara

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x