Kompas TV regional berita daerah

Penjualan Kambing Kurban Turun Akibat PMK

Kompas.tv - 4 Juli 2022, 17:49 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV - Sepekan jelang hari raya idhul adha, penjualan kambing kurban di peternak dan pasar hewan Kabupaten Madiun, menurun. Wabah Pmk diduga menjadi pemicu turunnya daya beli masyarakat.

Salah satunya yang terjadi di peternakan kambing di Desa Jatisari, Kecamatan Geger ini. Jika tahun lalu sepekan menjelang idhul adha peternak dapat menjual sekitar 1900 ekor kambing. Kini baru dapat menjual 50 persennya sekitar 900 ekor kambing.

Penurunan daya beli masyarakat ini diduga imbas dari penyakit mulut dan kuku. Masyarakat khawatir akan penyebaran PMK pada kambing, padahal saat ini peternak selalu memperhatikan kesehatan dan nutrisi ternak mereka, agar layak dijadikan hewan kurban.

Tak hanya di peternak, pemurunan penjyalan juga terjadi di pasar hewan. Pedagang hewan kurban di pasar hewan juga mengeluh penurunan penjualan kambing yang cukup drastis.

Harga hewan kurban di kabupaten madiun saat ini masih terbilang masih normal. Mulai harga 1,5 juta, 2,5 juta, hingga 4,5 juta rupiah per ekor tergantung besar tubuh hewan kambing kurban.

#beritamadiun

#kambingkurban

#hewankurban

#iduladha



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x