Kompas TV nasional politik

Aktif 'Muter-muter' Indonesia, Puan: Karena Ketua DPR dan Dapat Tugas dari Megawati

Kompas.tv - 4 Juli 2022, 15:31 WIB
aktif-muter-muter-indonesia-puan-karena-ketua-dpr-dan-dapat-tugas-dari-megawati
Ketua DPR RI Puan Maharani saat mengecek harga bahan pangan ke salah satu pasar tradisional. (Sumber: Dok. DPR RI)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengaku dirinya mendapat tugas dari Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, untuk keliling Indonesia.

Hal itu disampaikan Puan dalam keterangannya, Senin (4/7/2022) sekaligus menjawab pertanyaan beberapa pihak tentang aktivitasnya keliling Indonesia.

"Selama ini saya muter-muter, Jawa Tengah, Jawa Timur, ini mulai masuk Jawa Barat, Kalimantan, Sulawesi, sampai ke Papua, dan lain sebagainya. Ada yang nanya Mbak Puan mau ngapain si muter-muter?” kata Puan, dikutip dari Kompas.com.

 “Ya pertama sebagai Ketua DPP partai sebagai Ketua DPR saya ditugaskan, inget ya ditugaskan Ibu Ketua Umum (Megawati) untuk muter-muter, untuk ketemu sama keluarga besar PDI Perjuangan,” sambung Puan.

Baca Juga: Melayat ke Rumah Duka, Puan Maharani Kenang Sosok Tjahjo Kumolo: Saya Kenal Beliau Sejak Kecil

Saat ini, Puan sedang berada di Cirebon, Jawa Barat. Menurutnya, ia berkeliling Indonesia bukan hanya perannya sebagai Ketua DPR.

Tetapi, Megawati selaku Ketua Umum PDIP juga menugaskannya untuk melakukan konsolidasi sebagai Ketua DPP PDI-P.

Menurutnya, kadang dirinya merasa lelah karena setiap pekan harus berkeliling Indonesia.  Tetapi, semangatnya kembali tumbuh saat bertemu masyarakat.

“Acara lagi, acara lagi, acara lagi, kenapa? Ya ini karena saya ingin ketemu dengan keluarga besar PDI Perjuangan saya, dua tahun kita Covid enggak ada pertemuan seperti ini, kan zoom lagi zoom lagi, jadi karena saya ditugaskan muter lagi, muter lagi, capek enggak? Capek sekali,” jelas Puan.

Puan juga menjelaskan alasan Megawati tidak lagi berkeliling, yakni karena kondisi Megawati sudah tidak memungkinkan untuk aktif turun menemui masyarakat.

"Kenapa? Kita semua sayang sama Ibu Mega kan, nah jadi saya memang termasuk orang yang meminta Ibu Mega itu enggak muter-muter seperti dulu karena kita sayang sama Ibu Mega, kita jaga kesehatannya, kalau acara besar, acara urgent, acara penting ibu akan hadir," urainya.

Sebelumnya, Puan Maharani mengaku mendapatkan tugas dari Megawati Soekarnoputri usai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDI-P.

Tugas tersebut adalah melakukan penjajakan kerja sama dengan partai politik lain dalam menghadapi Pemilu 2024.

Baca Juga: Detik-detik Wakil Ketua Banggar DPR RI Kolaps Usai Kasih Laporan ke Puan Maharani

"Dan tadi saya diminta ibu ketum sebagai ketua DPR bisa ikut menjajaki kerja sama, ada silaturahim," kata Puan ditemui di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (23/6/2022).

Menurutnya, PDI-P bakal melakukan penjajakan politik dengan semua partai tanpa terkecuali.

Hal itu dapat ia sampaikan karena sudah mendapatkan izin dari Megawati.

"Tentu saja, kita akan menjajaki kerja sama dengan semua partai yang ada," ujarnya.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x