Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Pengamat: Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia Strategi untuk Sukseskan G20 di Indonesia

Kompas.tv - 4 Juli 2022, 14:34 WIB
pengamat-kunjungan-jokowi-ke-ukraina-dan-rusia-strategi-untuk-sukseskan-g20-di-indonesia
Presiden Jokowi saat bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin di Moskow, Kamis (30/6/2022). (Sumber: AP Photo/Alexander Zemlianichenko, Pool)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia diyakini sebagai sebuah strategi untuk kesuksesan G20.

Hal itu diungkapkan oleh pengamat politik Ahmad Khoirul Umam Ph.d, dalam seminar online bertajuk Harapan dari Misi Perdamaian Jokowi, Minggu (3/7/2022).

Menurut Umam, pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia, Vladimir Putin merupakan bagian dari double track strategy.

Pasalnya, ia menegaskan agenda G20 nanti menjadi sebuah pertaruhan reputasi yang sangat besar bagi Indonesia.

Baca Juga: Kedubes AS di Rusia Ogah Gunakan Nama Jalan Pemberontak Pro-Rusia, Pakai Koordinat di Situs Resmi

Apalagi, menurutnya pelaksanaan agenda G20 saat ini berbeda dengan gelaran sebelumnya, mengingat dunia juga baru mengalami wabah Covid-19 yang cukup panjang.

“Sebelumnya tidak ada dinamika yang begitu intens, tidak ada tensi yang berdampak tak hanya pada keamanan global, tetapi juga kebangkitan ekonomi global, khususnya pasca Covid-19,” ujarnya.

Ia juga menegaskan beban Indonesia sebagai Presidensi G20 sangat berat, khususnya setelah terjadinya penyerangan Rusia ke Ukraina.

Menurutnya terlihat dinamika dan intensitasnya menjadi begitu luar biasa pada agenda G20 saat ini.

Salah satunya yang menjadi indikator adalah aksi walk-out dari sejumlah menteri keuangan pada pertemuan G20 di Amerika Serikat, yang memastikan sikap nnegara Barat terhadap Rusia.

Walk-out terjadi setelah delegasi Rusia ikut bicara pada pertemuan di Washingtn DC tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.