Kompas TV regional berita daerah

Lokasabha III Pratisentana Sira Arya Gajah Para

Kompas.tv - 4 Juli 2022, 12:45 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KARANGASEM, KOMPAS TV - Bali kental dengan adat dan budayanya. Masyarakat adat pun kerap saling mendukung dengan berbagai organisasinya. Bahkan masyarakat yang tergabung dalam Pratisentana Sira Arya Gajah, saling bahu membahu membangun Bali, tak terkecuali Kabupaten Karangasem.

Dengan ditangani pemukulan gong, Bupati Karangasem, I Gede Dana, dengan resmi membuka Lokasabha III Lokasabha Pratisentana Sira Arya Gajah Para Betara Sira Arya Getas, yang digelar di Wantilan DPRD Karangasem, Bali. Loka Saba ini dihadiri lebih dari 600 orang pesemeton dari Bali dan Lombok. Lokasabha III ini dilaksanakan dalam rangka penyegaran pengurus baru. Selain itu, juga dilaksanakan dalam rangka mempererat tali persaudaraan antar anggota pesemetonan yang ada di seluruh Bali, mengingat saat ini pulau Bali sudah mulai dirong-rong kemajuan zaman.

Bupati Karangasem I Gede Dana berharap, lewat bersatunya pesemetonan ini, akan mampu ikut serta dalam mendukung pembangunan Pemerintah Kabupaten Karangasem dalam mewujudkan Karangasem Prakerti Nadi. Selain itu, Gede Dana juga sangat mengapresiasi Pasemetonan Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bertara Sira Arya Getas, yang subakti pada leluhur, sehingga mampu menjadi jalan dalam mengajegkan budaya Bali.

Sementara itu, ketua umum pengurus pusat menjelaskan, kegiatan ini sengaja dipusatkan di Kabupaten Karangasem karena memiliki sejarah, dimana bisa dikatakan salah satu asal muasal dari Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bertara Sira Arya Getas juga berasal dari Kabupaten Karangasem

Kedepan program pertama yakni untuk mendekatkan pesemetonan sehingga menjadi satu pikiran, serta program sosial bagi pesemetonan yang nantinya diharapkan dapat membantu pembangunan Bali, dan di Kabupaten Karangasem.

 

 

 

 

 

#lokasabhaIII #pesemetonansiraaryagajahpara #karangasem



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x