Kompas TV video vod

Misi Perdamaian Jokowi Datangi Ukraina dan Rusia Merupakan Amanat Konstitusi!

Minggu, 3 Juli 2022 | 23:22 WIB

Penulis : Kharismaningtyas

KOMPAS.TV - Lawatan presiden jokowi ke dua negara yang tengah konflik yaitu Ukraina dan Rusia menjadi catatan sejarah bagi bangsa Indonesia dan dunia.

Presiden Jokowi merupakan pemimpin Asia pertama yang mengunjungi Ukraina dan Rusia pasca konflik kedua negara pecah pada 24 Februari 2022.

Membawa misi mendamaikan, Presiden Jokowi tiba di Ukraina pada Rabu 29 Juni 2022.

Presiden dan rombongan menuju Istana Maryinsky bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Dalam pertemuan ini, Presiden Jokowi mendorong perdamaian dan menawarkan diri membawa pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Setelah bertemu Zelenskyy, Presiden Jokowi dan rombongan langsung bertolak ke Moskwa Rusia bertemu dengan Vladimir Putin.

Sama halnya dengan yang terjadi di Ukraina, dalam pertemuan dengan Putin, Presiden Jokowi juga mendorong perdamaian antara Ukraina dan Rusia.

Presiden Jokowi juga siap untuk menjadi jembatan komunikasi antara Putin dan Zelenskyy.

Apa yang dilakukan presiden jokowi dengan menemui kedua pemimpin negara yang tengah berkonflik adalah amanat konstitusi negara Indonesia untuk selalu ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Lebih dari itu, sebagai presidensi G20, Indonesia sudah menunjukan perannya mengundang kedua negara yaitu Ukraina dan Rusia hadir di Indonesia pada bulan November mendatang.

Kehadiran Ukraina dan Rusia tentu akan menjadi tolok ukur kesuksesan pelaksanaan G20.
 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x