Kompas TV regional peristiwa

KM Setia Makmur Tenggelam di Laut Arafura: 15 ABK Hilang, 10 Orang Selamat

Kompas.tv - 4 Juli 2022, 00:07 WIB
km-setia-makmur-tenggelam-di-laut-arafura-15-abk-hilang-10-orang-selamat
Ilurtrasi. Tim SAR gabungan masih dikerahkan untuk melakukan pencarian terhadap KM Setia Makmur 06 yang dilaporkan tenggelam di Laut Arafura. (Sumber: Basarnas Makassar)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim SAR gabungan masih dikerahkan untuk melakukan pencarian terhadap KM Setia Makmur 06 yang dilaporkan tenggelam di laut Arafura.

Mengutip dari Antara, Kepala SAR Merauke Supriyanto Ridwan mengatakan laporan tenggelamnya KM Setia Makmur 06 diterima Sabtu (2/7/2022) malam.

Menurut penjelasannya, posisi kapal terakhir terdeteksi pada pukul 01.00 WIT dengan koordinat 08°.28'.00'' S - 136°.35'.00'' E atau berjarak 426 km ke arah barat dari dermaga Merauke.

Ridwan menambahkan, seusai menerima laporan terkait peristiwa tersebut, pihaknya kemudian melakukan koordinasi dengan berbagai potensi SAR termasuk dengan aset-aset potensi yang sedang berada di sekitar lokasi kecelakaan.

Ada tiga kapal nelayan yang berada paling dekat dengan titik kejadian, yakni KM Sinar Mas 01, KM Jaya Sejahtera dan KM Pulau Muara, yang dilaporkan langsung melakukan pencarian.

Sementara itu, penurut penuturannya, KRI Teluk Weda yang berada di Teluk Bintuni dan KRI Teluk Weda juga telah dikerahkan ke lokasi kejadian untuk melakukan operasi pencarian.


 

Baca Juga: 2 Orang Tewas dalam Kecelakaan Bus Primajasa dan Truk Pengangkut Ayam di Tol Cipali

Sementara itu, dari surat kapal terungkap, kapal nahas itu merupakan kapal yang digunakan untuk memancing cumi yang berawak 25 orang anak buah kapal (ABK).

Dalam peristiwa tenggelamnya KM Setia Makmur, hingga Minggu (3/7), 15 ABK masih dinyatakan hilang dan tengah dalam pencarian. 

Sementara 10 ABK lainnya, dilaporkan berhasil ditemukan selamat di sekitar lokasi kejadian dan saat itu dievakuasi ke atas KM Sinar Mas 01.

Adapun nama-nama ABK yang selamat yaitu Rusli, Dedi Riyanto, Subekhi, Agus Priyono, Diroh, Dian Andreansyah, Mubarok, Jaeni, Ali, Sodikin dan Hanif Setiawan.

Untuk diketahui, Kapal tersebut bertolak dari dermaga di Dobo pada tanggal 24 Juni lalu, menuju ke perairan Arafura untuk memancing cumi. 

Menurut pemaparan Ridwan, jika dihitung dari tepian pesisir Pulau Dolok ke titik kecelakaan kapalnya berjarak sekitar 115 km. 

Baca Juga: Kapal Tongkang Tabrak Rumah Warga di Tepi Sungai Kapuas, Satu Lansia Meninggal Dunia



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x