Kompas TV nasional sosial

9 Ciri Strict Parents, Minim Kasih Sayang hingga Kerap Permalukan Anak

Kompas.tv - 3 Juli 2022, 16:51 WIB
9-ciri-strict-parents-minim-kasih-sayang-hingga-kerap-permalukan-anak
Ilustrasi orang tua otoriter atau strict parents. (Sumber: cafemom.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Melansir dari Gramedia, dalam ilmu psikologi, strict parents adalah orang tua yang memiliki standar tinggi serta sering kali menuntut anaknya. 

Sosok strict parents dengan sifat otoriter bisa ditandai dengan perilaku yang dingin, tidak responsif, maupun cenderung tidak suportif kepada anaknya. 

Peraturan yang dibuat oleh strict parents pun dibuat dengan sewenang-wenang serta sangat ketat.

Berikut ini ciri-ciri orang tua yang dapat dikatakan sebagai strict parents:

1. Minim memberikan kasih sayang

Orang tua yang terlihat dingin, jauh dari anak-anak, serta kasar, adalah ciri-ciri dari strict parents yang cenderung minim memberikan kasih sayang.

Tidak jarang pula, strict parents bahkan berteriak pada anak serta jarang memberi dukungan maupun pujian.

Hal ini dikarenakan, strict parents lebih mementingkan disiplin terhadap anak daripada kesenangan dalam pola pengasuhan anaknya.


2. Memberikan tuntutan, tetapi tidak bersikap responsif

Sifat khas yang dimiliki oleh strict parents ialah otoriter. Sehingga, strict parents sering memberikan banyak peraturan dan tuntutan kepada anak.

Bahkan, peraturan yang diterapkan tersebut berdampak pada setiap aspek yang ada dalam hidup anak, baik ketika anak di rumah maupun di tempat umum.

Peraturan-peraturan yang diterapkan oleh strict parents, pada umumnya merupakan peraturan tidak tertulis dan beberapa bahkan tidak menyampaikan peraturan tersebut kepada sang anak.

Daripada memberitahu anak, strict parents lebih mengharapkan anaknya dapat paham dan mengerti peraturan tersebut tanpa diberi tahu.

Baca Juga: ITAGI Ingatkan Orang Tua Anak Usia 6-11 Tahun Lengkapi Imunisasi sebelum Terima Vaksin Covid-19

3. Memiliki banyak aturan dan berlebihan

Ciri khas dari strict parents ialah menerapkan banyak peraturan pada anak dan peraturan tersebut dinilai berlebihan bagi kebanyakan orang.

Contohnya seperti pembatasan jam keluar atau menyusun kegiatan khusus yang harus dilakukan oleh anak usai pulang sekolah dan lain sebagainya.

Kondisi tersebut, akan membuat anak merasa terkekang. Sebab anak dituntut untuk mampu dan harus mengikuti segala aturan yang dibuat oleh orang tuanya.

Akan lebih baik, apabila orang tua hanya menerapkan sedikit peraturan, tetapi peraturan-peraturan tersebut konsisten diterapkan kepada anak.

4. Tak jarang memberikan hukuman fisik

Strict parents umumnya tidak akan segan memberikan hukuman fisik pada anak, ketika sang anak dianggap telah melanggar peraturan yang dibuat.

Hukuman fisik yang diberikan bisa beragam, mulai dari pukulan, menarik telinga dan lain sebagainya. Pada umumnya, hukuman fisik akan diberikan ketika anak tidak mampu memenuhi ekspektasi atau mematuhi aturan strict parents.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.