Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Senator AS Khawatir Putin akan Berhasil di Ukraina, Yakin NATO Bakal Jadi Sasaran Selanjutnya

Kompas.tv - 3 Juli 2022, 13:21 WIB
senator-as-khawatir-putin-akan-berhasil-di-ukraina-yakin-nato-bakal-jadi-sasaran-selanjutnya
Presiden Rusia, Vladimir Putin. Senator AS kahwatir invasi Putin ke Ukraina berhasil karena meyakini NATO bakal jadi sasaran selanjutnya/ (Sumber: Grigory Sysoyev, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP, File)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Deni Muliya

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Senator Amerika Serikat (AS), Kevin Cramer mengungkapkan kekhawatirannya invasi Presiden Rusia, Vladimir Putin di Ukraina berhasil.

Senator Republik yang juga anggota Komite Layanan Bersenjata Senat itu, meyakini anggota NATO bakal jadi sasaran Putin selanjutnya jika ia berhasil di Ukraina.

Jika hal tersebut terjadi maka akan berujung intervensi langsung dari AS.

Baca Juga: Rusia Disebut Kian Lemah dalam Tiga Bulan, Ukraina Diyakini Bisa Menang Berkat Kiriman Senjata Barat

“Sepanjang konflik, saya telah mendesak Pemerintahan (Joe) Biden untuk mendukung sikap mereka dengan tindakan tegas seperti mendukung transfer peralatan militer ke pasukan Ukraina,” ujarnya dilansir dari Ukrinform.

Namun, Cramer menegaskan saat ini sayangnya ketika pemerintah AS sudah melakukan hal yang benar termasuk pengiriman senjata, semuanya sudah terlambat.

“Dukungan kami untuk Ukraina melampaui rakyat dan perbatasannya. Jika kita tidak menolak upaya berani Putin untuk reunifikasi Soviet di Ukraina, serangan ke negara-negara NATO bisa menjadi yang berikutnya, mengarah pada keterlibatan langsung militer AS di bawah kewajiban perjanjian kita,” tuturnya.


Sebelumnya, Presiden Biden telah mengumumkan Washington akan memberikan paket bantuan baru senilai 800 juta dolar AS atau setara Rp12 triliun.

Bantuan itu termasuk sistem pertahanan udara baru, sistem artileri, radar, dan amunisi.

Baca Juga: Lagi, 2 Prajurit Inggris Ditangkap Pemberontak Pro-Rusia dan Didakwa Tentara Bayaran, London Ngamuk

Sementara itu, Departemen Pertahanan AS mengatakan sedang memilih cara paling efektif untuk memperkuat kemampuan pertahanan Ukraina, dari lebih 1.000 proposal dari produsen senjata AS.

Pentagon diharapkan untuk memutuskannya dalam beberapa pekan mendatang tentang ide-ide mana yang akan dikejar.

Selain itu, juga mengarah pada kemungkinan produksi akhirnya untuk Ukraina serta militer AS.



Sumber : Ukrinform

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.