Kompas TV nasional peristiwa

Sejak Dini Hari Tadi, Indonesia Diguncang 4 Kali Gempa Bumi, Tidak Berpotensi Tsunami

Minggu, 3 Juli 2022 | 12:11 WIB
sejak-dini-hari-tadi-indonesia-diguncang-4-kali-gempa-bumi-tidak-berpotensi-tsunami
Ilustrasi gempa bumi. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sejak dini hari hingga siang ini, sudah empat kali Indonesia diguncang gempa bumi, Minggu (3/7/2022). (Sumber: Istimewa)

Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejak dini hari hingga pagi tadi, Minggu (3/7/2022), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengabarkan gempa bumi terjadi wilayah Sumbawa, Bitung, dan dua kali di Aceh.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono menyebut wilayah Indonesia sudah diguncang tiga gempa signifikan sejak dini hari tadi.

"Sejak pagi dini hari tadi wilayah Indonesia sudah diguncang gempa 3 kali gempa signifikan," tulis Daryono melalui media sosial pribadinya.

Ia menjelaskan, gempa pertama ialah gempa Sumbawa yang terjadi pukul 02.05 WIB di 44 kilometer Baratlaut Pulau Panjang, Nusa Tenggara Barat dengan magnitudo 4,1 dan kedalaman 10 kilometer. 

Lalu, gempa kedua, yakni gempa Lut Maluku, terjadi pada pukul 06.49 WIB di 109 kilometer Tenggara Bitung, Sulawesi Utara dengan magnitudo 5,2 dan kedalaman 22 kilometer.

Kemudian, gempa ketiga terjadi pada pukul 07.10 WIB dengan magnitudo 4,9 mengguncang Aceh Tengah, tepatnya di 36 kilometer Timur Laut Kabupaten Naganraya dan kedalaman 54 kilometer.

Baca Juga: Iran Diguncang Tiga Gempa Bermagnitudo 6, Lima Orang Tewas

BMKG juga melaporkan, pada pukul 07.28 WIB telah terjadi gempa di 36 Baratdaya Takengon, Aceh Tengah dengan magnitudo 3,8 dan kedalaman 3 kilometer.

Terkait empat gempa tersebut, BMKG menyatakan tidak ada yang berpotensi tsunami. 



 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x