Kompas TV regional berita daerah

Kanwil Kumham Sulsel Pantau Pelayanan Keimigrasian Jamaah Haji Kloter Terakhir Embarkasi Makassar

Kompas.tv - 3 Juli 2022, 09:30 WIB
kanwil-kumham-sulsel-pantau-pelayanan-keimigrasian-jamaah-haji-kloter-terakhir-embarkasi-makassar
Tim Divisi Imigrasi Kanwil Kumham lakukan pemantauan pelayanan keimigrasian Kloter JCH Embarkasi Makassar di Asrama Haji Sudiang (Sumber: Humas Kemkumham Sulsel)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPASTV - Tim Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kenkim lakukan pemantauan pelayanan keimigrasian kelompok terbang (Kloter) jamaah calon haji (JCH) Embarkasi Makassar di Asrama Haji Sudiang, Sabtu (02/06).

Koordinator tim, Kasubbid Perizinan Keimigrasian Kanwil, Muhammad Yusuf mengatakan, Kloter 19 ini merupakan kloter terakhir Embarkasi Makassar, gabungan dari JCH Kabupaten Jeneponto 157 orang,Sidrap 9 orang, dan Makassar 1 orang, total 167. Sebelumnya 18 kloter telah diberangkatkan dengan jumlah jamaah sekitar 7.000 orang.

Kloter ini nantinya akan bergabung dengan Embarkasi Padang Sumatera Barat. Untuk kedatangan jika sesuai jadwal akan dimulai pada 28 Juli.

Lanjut M. Yusuf, teknis pelaksanaan pelayanan keimigrasian embarkasi dan debarkasi jamaah calon haji dilaksanakan oleh tim Kantor Imigrasi Makassar.

Adapun tim divisi imigrasian Kanwil berfungsi sebagai supporting unit pada UPT di bawah koordinasi Kanwil, agar pelayanan yang diberikan kepada jamaah terlaksana secara optimal.

Selain itu melakukan fungsi kontrol, memantau jalannya pelayanan keimigrasian bagi jamaah haji sesuai dengan juknis yang telah ditetapkan Direktorat Jenderal Imigrasi. Hal ini sesuai dengan arahan Kakanwil Kemenkumham Sulsel, LibertiSitinjak.

Pelaksana teknis, Kepala Unit Tim Alfa Kantor Imigrasi Makassar, Andi Rezka Putra menjelaskan, JCH yang berangkat melalui Embarkasi Makassar senantiasa diingatkan untuk menjaga paspornya, mengingat dokumen tersebut merupakan identitas kewarganegaraan jamaah di tanah suci nantinya.

"Paspor jangan sampai hilang atau rusak, paspor tidak boleh dicoret atau kena air atau lainnya yang menyebabkan paspor tidak layak untuk digunakan," ungkap Rezka menjelaskan kepada jamaah.

Lanjut Rezka, sekiranya pun tidak dapat dihindarkan paspor jamaah calon haji hilang atau rusak pada saat masih berada di Mekkah, diimbau untuk segera melapor kepada ketua rombongan, nanti ketua rombongan yang berkoordinasi dengan Tim Imigrasi yang ditugaskan di tanah suci, Mekkah.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kasubbid Informasi St Maryam beserta tim dari Kanwil.



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.