Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Tiga Usaha Pembunuhan Pejabat Pro-Rusia Terjadi di Kherson, Tanda Perlawanan Ukraina Meningkat

Sabtu, 2 Juli 2022 | 14:20 WIB
tiga-usaha-pembunuhan-pejabat-pro-rusia-terjadi-di-kherson-tanda-perlawanan-ukraina-meningkat
Foto ilustrasi. Seorang personel militer Rusia berjaga di sebuah monumen bersejarah di Kherson, daerah Ukraina yang diduduki Rusia, 20 Mei 2022. (Sumber: Associated Press)

Penulis : Haryo Jati | Editor : Gading Persada

KHERSON, KOMPAS.TV - Tiga usaha pembunuhan pejabat pro-Rusia terjadi di Kherson, selatan Ukraina pada dua pekan terakhir.

Adanya usaha pembunuhan tersebut diungkapkan oleh pejabat Amerika Serikat (AS), yang juga mempercayai hal itu menjadi bukti meningkatnya perlawanan rakyat Ukraina terhadap otoritas pro-Rusia.

Kherson merupakan kota di Ukraina yang pertama kali jatuh ke tangan Rusia sejak serangan dilakukan pada 4 Februari lalu. 

Pemerintah AS pun mengatakan, perlawanan tersebut dapat tumbuh menjadi kontra-pemberontakan yang akan menimbulkan tantangan signifikan bagi kemampuan Rusia mengendalikan wilayah pendudukan itu.

Baca Juga: Gebrakan Putin, Bakal Satukan Rusia dan Belarusia karena Respons Barat atas Serangan ke Ukraina

“Kremlin tengah menghadapi meningkatnya aktivitas partisan di selatan Ukraina,” ujar Direktur Intelijen Nasional, Avril Haines dikutip dari CNN.

Amerika Serikat disebut percaya Rusia tak memiliki cukup kekuatan di Kherson untuk mengokupasi secara efektif dan mengontrol wilayah itu.

Apalagi, setelah mereka menarik beberapa pasukannya dari area tersebut untuk pertempuran di Donbas, timur Ukraina.

Menurut pejabat AS lainnya, langkah itu mungkin telah memberi partisan Ukrtaina jendela untuk menyerang pejabat Rusia yang ditempatkan secara lokal.


Sumber : CNN

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x