Kompas TV internasional kompas dunia

China Pastikan Mengutus Menlu Wang Yi ke Pertemuan Menlu G20 di Bali Minggu Depan

Kompas.tv - 2 Juli 2022, 13:12 WIB
china-pastikan-mengutus-menlu-wang-yi-ke-pertemuan-menlu-g20-di-bali-minggu-depan
China memastikan akan mengutus anggota Dewan Negara China merangkap Menteri Luar Negeri Wang Yi untuk menghadiri pertemuan antarmenteri luar negeri G20 di Bali pada 8 Juli 2022. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

BEIJING, KOMPAS.TV - China memastikan akan mengutus anggota Dewan Negara China merangkap Menteri Luar Negeri (Menlu) Wang Yi untuk menghadiri pertemuan antarmenteri luar negeri G20 di Bali pada 8 Juli 2022.

Seperti disebutkan dalam laporan Antara, Sabtu (2/7/2022), selain menghadiri pertemuan antarmenlu G20, Wang Yi akan melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu RI Retno LP Marsudi dan melakukan dialog tingkat tinggi dengan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan.

Dialog tingkat tinggi itu adalah hasil kesepakatan antara Luhut dan Wang sejak tahun lalu sebagai mekanisme saluran dialog dalam membahas berbagai isu.

Dewan Negara dalam struktur pemerintahan China setara dengan Menteri Koordinator dalam nomenklatur jabatan pemerintah Indonesia.

Sementara itu, kedatangan Wang ke Bali termasuk dalam rangkaian kunjungannya ke negara-negara di Asia Tenggara pada 3-14 Juli.

Sebelum terbang ke Bali, Wang akan memimpin pertemuan antarmenlu program Kerja Sama Lancang-Mekong di Myanmar.


Baca Juga: China Meradang atas Tuduhan PM Boris Johnson tentang Hong Kong, Tuding Inggris Bermental Kolonial

China memastikan akan mengutus anggota Dewan Negara China merangkap Menteri Luar Negeri China Wang Yi untuk menghadiri pertemuan antarmenteri luar negeri G20 di Bali pada 8 Juli 2022. (Sumber: G20 Indonesia)

Selain Indonesia, Wang juga akan melakukan kunjungan ke Thailand, Filipina, dan Malaysia.

Wang selanjutnya akan memimpin pertemuan Komite Pengarah Kerja Sama Bilateral China-Vietnam dan Komite Koordinasi Antar-Pemerintah China-Kamboja di Nanning, Daerah Otonomi Guangxi, China.

"Melalui kunjungan ini kami berharap adanya komunikasi strategis yang mendalam dengan empat negara Asia Tenggara," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Zhao Lijian di Beijing, Jumat (1/7/2022).

Prakarsa Pembangunan Global (GDI) dan Prakarsa Keamanan Global (GSI) yang selama ini didengung-dengungkan Presiden China Xi Jinping dipastikan akan diusung oleh Wang Yi dalam kunjungannya ke empat negara di Asia Tenggara itu, kata Zhao Lijian.

Kedua prakarsa itu di antaranya mendorong pemulihan ekonomi, menegakkan perdamaian dan ketenangan, membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia, dan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam menciptakan perdamaian dan pembangunan regional dan global. 



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x