Kompas TV nasional politik

Pengamat: Posisi Menteri PAN RB Pengganti Tjahjo Kumolo akan Diisi Kader PDIP, Begini Analisisnya

Kompas.tv - 2 Juli 2022, 12:29 WIB
pengamat-posisi-menteri-pan-rb-pengganti-tjahjo-kumolo-akan-diisi-kader-pdip-begini-analisisnya
Jenazah Tjahjo Kumolo tiba di TMP Kalibata, Jumat (1/7/2022) petang. Siapa yang mengisi posisi Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) masih belum ditentukan, meskipun pengamat menyebut sosok pengganti berasal dari kader PDIP. (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) akan diisi oleh kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Hal itu merupakan analisis dari pengamat sosial politik Herry Mendrofa, menanggapi sosok yang bakal menggantikan Tjahjo Kumolo.

“Tentunya pasti pengganti MenpanRB almarhum Tjahjo Kumolo akan berasal dari kader PDIP ya, itu sudah pasti,” kata Herry Mendrofa, dikutip dari Tribunnews, Sabtu (2/7/2022).

Meski demikian, Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) ini menyebut kursi MenPAN RB sebetulnya bisa saja diisi dari luar kader PDIP.

Baca Juga: Presiden dan Ibu Negara Takziyah ke Rumah Tjahjo Kumolo, Tiba Pukul 07.22

Namun, lanjut Herry, peluang itu sangat kecil, tergantung keputusan Presiden Joko Widodo  atau Jokowi.

“Karena jelas Pak Jokowi sudah menekankan bahwa dia menghormati juga keputusan Ibu Mega, apalagi ini adalah kader potensial,” ujarnya.

“Jadi saya kira KemenpanRB ini adalah salah satu juga kementerian potensial, kementerian krusial dan pasti akan diisi oleh PDIP,” lanjutnya.


Ia berpendapat, pertimbangan untuk mengisi posisi MenPAN RB dari kader PDIP adalah pertimbangan elektoral, mengingat Indonesia akan menyelenggarakan Pemilu pada 2024 mendatang.

Sebab, KemenPAN RB ini membawahi kebijakan di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dinilai dapat mempengaruhi elektoral partai politik, termasuk PDI Perjuangan.

“Jangan sampai diambil oleh parpol lain, ditempatkan parpol lain, ini akan menggeser potensi-potensi atau ceruk elektoralmya PDIP, politiknya seperti itu saya kira,” ucapnya.

Baca Juga: Mengenang Sosok Tjahjo Kumolo, Ketua DPP PDIP: Beliau Orang yang Sangat Care

Sebelumnya diberitakan KOMPAS.TV, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat (1/7) kemarin.

Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo wafat pada pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo, Jakarta.



Sumber : Tribunnews.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.