Kompas TV nasional peristiwa

Deretan Faktor yang Jadikan Kota Bandung dan Jakarta Puncak Temu Anak Muda Dunia di Y20 Summit 2022

Kompas.tv - 2 Juli 2022, 10:33 WIB
deretan-faktor-yang-jadikan-kota-bandung-dan-jakarta-puncak-temu-anak-muda-dunia-di-y20-summit-2022
Logo Y20 Summit 2022. Pertemuan Puncak di Jakarta 17-24 Juli 2022 (Sumber: situs resmi Y20 Summit 2022)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kota Bandung dan Jakarta dipilih jadi acara puncak bertemunya anak-anak muda dunia dalam forum Konferensi Tinggkat Tinggi (KTT) Y20 Summit pada tanggal 17-24 Juli 2022.

Nurul H. Ummah, Co-Chair Y20 Indonesia Summit 2022 menjelaskan, alasan memilih dua kota ini karena ingin memperkenalkan Indonesia dan faktor sejarah. 

“Y20 Ini forum anak-anak muda. Y20 mengusung empat prioritas. Ketenagerjaan pemuda transformasi digital, planet berkelanjutan, keberagaman dan inklusi,” paparnya dalam konferensi pers yang diikuti KOMPAS.TV di Jakarta, Sabtu (2/7/2022).

Lantas, Kenapa di Jakarta dan Bandung?

Pemilihan puncak Summit Y20 memilih Kota Jakarta dan Bandung lantaran dua kota ini memilliki sejarah dunia.

Nurul Ummah juga menjelaskan, untuk Jakarta misanya, adalah ibu kota negara sekaligus memperkenalkan kota ini ke anak-anak muda dunia.


Sedangkan Bandung, katanya, kota ini bersejarah dengan Forum Asia Afrika yang terkenal di dunia.

“Karena DKI Jakarta ibu kota dan ingin memperkenalkan ibu kota Indonesia. Bandung karena kami ingin beri kesan, Indonesia punya kota sejuk dan penuh kreativitas,” paparnya. 

“Nanti delegasi di seluruh dunia akan datang di kota ini, saling berdiskusi hasilkan Komunike atau dukumen pernyataan dari pemuda dan dibawa forum G20 di Bali,” sambungnya.

Baca Juga: Dorong Anak Muda untuk Bawa Perubahan, Forum Y20 di Papua Barat Soroti Isu Pendidikan & Ekonomi!

Gubernur DKI dan Bandung Kompak Dukung

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mendukung penuh pertemuan anak muda dunia ini di ibukota. 

"Pemprov DKI Jakarta dukung penuh KTT Y20 dan kita berharap teman-teman hasilkan komunike dan iterukan ke presiden sebagai pemimpin G20," ujarnya. 

Sedangkan Gubernur Jawa Barar Ridwan Kamil menyebut, Bandung denan Gedung Asia Afrika punya sejarah yang bakal dijadikan pertemuan Y20 dikenal dunia. 

"Spirit ini yang akan nanti dibawa, Gedung Asia Afrika terkenal di dunia. Dari gedung ini dulu kita suarakan ketidakadilan dan kolonialisme," paparnya. 

Adapun Youth 20 adalah wadah bagi pemimpin muda masa depan dari seluruh negara anggota G20 untuk berdiskusi, berargumen, dan bertukar ide, hingga mencapai kesepatakan bersama terkait agenda Presidensi G20.

Hasil dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y20 adalah terciptanya Y20 Communiqué. Sejak dilaksanakannya konferensi Y20 yang pertama tahun 2010.

Tahun ini, Y20 Indonesia mengusung tema Dari Pemulihan ke Resiliensi: Membangun Kembali Agenda Pemuda Pasca COVID-19, KTT Y20 tahun ini diselenggarakan di Kota Jakarta dan Bandung (Indonesia) pada bulan 17-24 Juli 2022.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x