Kompas TV internasional kompas dunia

Betapa Lelahnya Jokowi: 29 Jam di Udara, 24 Jam di Kereta, Singgahi 5 Negara, Ini Rutenya

Sabtu, 2 Juli 2022 | 07:49 WIB
betapa-lelahnya-jokowi-29-jam-di-udara-24-jam-di-kereta-singgahi-5-negara-ini-rutenya
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana saat berada di Ukraina (Sumber: Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi baru saja tiba di Indonesia pada Sabtu (2/7/2022) pukul 06.25 WIB.

Jokowi mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta setelah berkunjung ke lima negara untuk misi perdamaian serta kerja sama bilateral.

Berikut rangkaian kunjungan luar negeri Jokowi beserta rute dan waktunya.

Dari Indonesia ke Jerman

Jokowi memulai tour luar negeri dari Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (26/6) pukul 10.40 WIB. Pesawat mendarat di Bandara Internasional Munchen, Jerman, pada hari yang sama pukul 23.40 WIB. Total perjalanan yang ditempuh Jokowi dari Indonesia ke Jerman mencapai 13 jam.

Kunjungan Jokowi ke Jerman dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 yang bertempat di Elmau.


Dari Jerman ke Polandia

Selepas menghadiri KTT G7, Jokowi bertolak ke Polandia untuk bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Kiev, Ukraina.

Pesawat berkode PK-GIG yang ditumpangi Jokowi lepas landas dari Bandara Internasional Munchen pada Selasa (28/6) pukul 15.40 WIB. Kapal terbang milik Garuda Indonesia itu mendarat di Bandara Rzeszow Polandia pada hari yang sama pukul 16.50 WIB.

Karena adanya perang Rusia-Ukraina, perjalanan ke Kiev tak bisa dilakukan via jalur udara. Oleh sebab itu, Jokowi mendarat di Polandia untuk melanjutkan perjalanan menuju Ukraina dengan menggunakan kereta api.

Secara keseuruhan, penerbangan dari Jerman ke Polandia memakan waktu 70 menit atau 1 jam lebih 10 menit.

Baca Juga: Kisah Puluhan Rumah Apung Ikonik di Sungai Nil Mesir, Terancam Musnah

Dari Polandia ke Ukraina PP

Dari Rzeszow, Polandia, Jokowi melanjutkan perjalanan ke Kiev, Ukraina via kereta api yang memakan waktu sekitar 12 jam.

Jika dihitung waktu pulang pergi dari Rzeszow ke Kiev, secara keseluruhan Presiden RI itu menghabiskan 24 jam di gerbong kereta.

Halaman Selanjutnya


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x