Kompas TV internasional kompas dunia

Terbang dari UEA, Jokowi Tiba di Indonesia Pagi Ini

Sabtu, 2 Juli 2022 | 06:48 WIB
terbang-dari-uea-jokowi-tiba-di-indonesia-pagi-ini
Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi (kiri) dan Presiden UEA Mohammed bin Zayed bertemu pada Jumat (1/7/2022) di Abu Dhabi, UEA. (Sumber: Twitter Mohammed bin Zayed)

Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi baru saja tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Sabtu (2/7/2022) pukul 06.25 WIB.

Berdasar pantauan satelit Flightradar24, sebelumnya pesawat Garuda Indonesia yang ditumpangi Jokowi lepas landas dari Bandara Internasional Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pukul 21.55 WIB.

Adapun menurut siaran pers Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan lepas landas pada Jumat (1/7/2022) sekitar pukul 19.10 waktu setempat.

Presiden dan Ibu Iriana dilepas oleh Menteri Energi dan Infrastruktur UEA Suhail Mohammed Al Mazroei, Duta Besar RI untuk UEA Husin Bagis beserta istri, dan Duta Besar UEA untuk Indonesia Abdullah Aldhaheri.

Dalam perjalanan menuju Tanah Air, Presiden dan Ibu Negara didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.


Terlepas dari itu, dalam kunjungannya ke UEA pada Jumat, Jokowi bertemu Presiden Mohammed bin Zayed (MBZ) dan beberapa investor di negara itu. 

Hasil kunjungan ke Abu Dhabi dibagikan Presiden melalui akun Twitter-nya.

"Kami melakukan pertukaran dokumen MoU kerja sama di bidang perdagangan, perubahan iklim, kesehatan, maritim dan perikanan, pertahanan, pendidikan serta pelabuhan," cuit Jokowi.

"Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Presiden MBZ atas persahabatan antara Indonesia dan PEA (Persatuan Emirat Arab, red) yang terus meningkat di tengah situasi penuh tantangan sekarang ini," lanjutnya.

Baca Juga: Kisah Puluhan Rumah Apung Ikonik di Sungai Nil Mesir, Terancam Musnah

Di sisi lain, MBZ via akun Twitter pribadinya mengatakan bahwa penandatanganan MoU dengan Indonesia telah "memperkuat ikatan sejarah antara kedua negara."

"Dua orang yang ramah," lanjut MBZ, mengomentari foto dirinya bersama Jokowi.

Secara keseluruhan, perjalanan udara yang dilakukan Jokowi dari Abu Dhabi ke Jakarta memakan waktu delapan setengah jam. 

Kepulangan Jokowi ke Indonesia menandai akhir rangkaian kunjungan ke luar negeri yang berlangsung genap sepekan ini.

Sebelumnya, Jokowi bertolak ke Jerman pada Minggu (26/6) untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7, lalu ke Ukraina dan Rusia serta UEA, sebelum akhirnya tiba di Indonesia pagi ini.

Baca Juga: Terekam CCTV, Detik-Detik Rudal Rusia Hantam Mal di Kremenchuk Ukraina


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x