Kompas TV olahraga kompas sport

Piala AFF U19 2022: Meski Buta Kekuatan Lawan, Shin Tae-yong Tetap Targetkan Timnas Indonesia Juara

Jumat, 1 Juli 2022 | 19:42 WIB
piala-aff-u19-2022-meski-buta-kekuatan-lawan-shin-tae-yong-tetap-targetkan-timnas-indonesia-juara
Pelatih Shin Tae-yong dinilai adalah orang yang paling berperan besar membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. (Sumber: Instagram @afcasiancup)

Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Shin Tae-yong mengaku buta dengan kekuatan lawan yang akan dihadapinya. Namun pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan tetap menargetkan Timnas U19 Indonesia meraih gelar juara di Piala AFF U19 2022.

Indonesia berada di Grup A Piala AFF U19 2022 bersama Myanmar, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam dan Filipina.

Meski terhitung sebagai grup berat karena ada Thailand dan Vietnam, Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa dirinya tak tahu bagaimana kualitas lawan-lawan yang akan dihadapi timnya.

“Tak ada informasi soal lawan-lawan kami, tetapi tim selalu siap mendapatkan hasil yang terbaik,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi persnya dikutip dari Antara, Jumat (1/7/2022).

Meski buta dengan kekuatan lawan, Shin Tae-yong tetap menargetkan Garuda Muda menjadi juara di ajang Piala AFF U19 2022.

Apalagi Indonesia menjadi tuan rumah di turnamen kelompok umur antar negara Asia Tenggara itu.

Namun, pelatih yang menukangi Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu tak mau terlalu membebani anak didiknya dengan target tersebut.

Baca Juga: Piala AFF U19 2022: Pelatih Thailand Sebut Jakarta Tidak Macet Sama Sekali, Bangkok Lebih Parah

Karena menurutnya, di turnamen usia muda, kualitas antar tim tidak jauh berbeda dan seringkali pemain gagal mengeluarkan kemampuan terbaik jika dibebani dengan target tinggi.

“Pada usia muda seperti itu, performa pemain bisa berubah-ubah setiap bulan. Tekanan yang terlalu besar akan membuat pemain tidak dapat menunjukkan performa terbaik,” jelas Shin.

Piala AFF U19 2022 akan menjadi turnamen resmi pertama Shin Tae-yong bersama Timnas U19.

Di turnamen ini, coach STY akan melihat bagaimana timnya bersaing dengan tim-tim ASEAN sebelum tampil di ajang Piala Dunia U20 2023.

“Saya akan melihat persaingan tim kami ketika menghadapi tim-tim ASEAN. Nanti ada saatnya kami juga akan memantau level tim ketika melawan skuad dari Eropa, Afrika dan Amerika Latin,” jelas pelatih berusia 52 tahun itu.

Piala AFF U19 2022 akan berlangsung di Jakarta dan Bekasi pada 2-15 Juli.

Laga perdana Timnas U19 Indonesia di Piala AFF U19 2022 bergulir pada Sabtu (2/7/2022) dengan melawan Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, mulai pukul 20.30 WIB. 

Baca Juga: Piala AFF U19 2022: Pelatih Thailand Sebut Jakarta Tidak Macet Sama Sekali, Bangkok Lebih Parah


Sumber : Antara

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x