Kompas TV nasional peristiwa

Wagub DKI Sebut Nama Ali Sadikin Dipertimbangkan Jadi Nama Jalan di Jakarta

Jumat, 1 Juli 2022 | 16:53 WIB
wagub-dki-sebut-nama-ali-sadikin-dipertimbangkan-jadi-nama-jalan-di-jakarta
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan akan mempertimbangkan nama mantan Gubernur DKI periode 1966-1977 Ali Sadikin untuk menjadi nama jalan di Jakarta. (Sumber: SUBANDI / KOMPAS TV)

Penulis : Hasya Nindita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan akan mempertimbangkan nama mantan Gubernur DKI periode 1966-1977 Ali Sadikin untuk menjadi nama jalan di Jakarta. 

"Tentu, nama tokoh Betawi, tokoh yang baik akan menjadi pertimbangan kami untuk dapat dimasukkan untuk nama jalan," kata Riza di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (1/7/22).

Baca Juga: Kritik Anies, Ketua DPRD Sebut Nama Ali Sadikin Seharusnya Jadi Nama Jalan di Jakarta


Riza menjelaskan, semua proses penggantian nama jalan di Jakarta melalui proses yang panjang dan dipertimbangkan dengan matang. 

"Prinsipnya penamaan jalan dengan tokoh-tokoh Betawi, tokoh lain ini dimaksudkan baik untuk memberikan penghargaan dan penghormatan dan mudah-mudahan menjadi teladan bagi kita semua," kata Riza. 

Terkait 22 nama jalan yang sudah diganti menjadi nama tokoh Betawi dan mendapatkan penolakan dari sejumlah warga, Riza mengaku memahami dan menampung aspirasi tersebut.

"Terkait komplain masyarakat, kami memahami dan mengerti, kami menampung dan memberikan perhatian," kata dia. 

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengkritik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang tidak menjadikan nama mantan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin sebagai salah satu nama jalan di Jakarta. 

Pras, begitu ia akrab disapa, mengatakan, jika salah satu pertimbangan pemberian nama jalan adalah untuk mengenang jasa tokoh dalam perjuangan di Jakarta, Anies seharusnya tidak melupakan jasa Ali Sadikin yang berperan besar memodernisasi Ibu Kota.

Baca Juga: Pro Kontra soal 22 Nama Jalan di Jakarta yang Diganti Gubernur Anies, Kemendagri Angkat Suara

"Ali Sadikin jelas-jelas sosok dan tokoh berjasa. Bagaimana dimulainya Jakarta sebagai kota metropolitan sampai saat ini salah satunya jasa Ali Sadikin," kata Pras melalui keterangan tertulis, dikutip Rabu (29/6/22). 

Usulan agar nama Ali Sadikin menjadi nama jalan sudah disampaikan secara resmi saat menggelar rapat paripurna istimewa peringatan HUT Kota Jakarta ke-494 tahun lalu.

Pras mengatakan, saat itu ia meminta agar nama Ali Sadikin diabadikan di sekitar kawasan Kebon Sirih. Adapun Jalan Kebon Sirih terbentang dari perempatan Jalan Abdul Muis sampai perempatan Jalan Menteng Raya, seberang Tugu Tani, Jakarta Pusat.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x