Kompas TV nasional peristiwa

Moeldoko Kenang Almarhum Tjahjo Kumolo: Kita Kehilangan Sosok Pekerja Keras yang Sangat Humble

Jumat, 1 Juli 2022 | 17:45 WIB
moeldoko-kenang-almarhum-tjahjo-kumolo-kita-kehilangan-sosok-pekerja-keras-yang-sangat-humble
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko tampak memberikan penghormatan di depan jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo yang disemayamkan di rumah dinas Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (7/1/2022) (Sumber: Kantor Staf Presiden)

Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS TV – Sejumlah tokoh publik turut memberikan kesaksian akan sosok Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) di usia 64 tahun. 

Salah satunya Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, yang ikut menyambut kedatangan jenazah Tjahjo Kumolo di rumah duka di Jl Widya Chandra IV, Jakarta Selatan, Jumat (7/1).

Kepada wartawan yang meliput di rumah duka, Mantan Panglima TNI itu pun menyampaikan kesan-kesannya akan sosok Tjahjo Kumolo.

Moeldoko memandang, almarhum Tjahjo Kumolo adalah sosok tokoh yang selalu menyelesaikan setiap tugas dan tanggung jawabnya.

Baca Juga: Menpan RB Meninggal Dunia, Moeldoko Hingga Tri Rismaharini Melayat ke Rumah Duka Tjahjo Kumolo

Menurutnya, Tjahjo Kumolo juga telah berhasil melakukan terobosan-terobosan dalam reformasi birokrasi.

"Saya sangat mengenal dekat beliau. Almarhum sosok yang concern terhadap pekerjaannya, pekerja keras, dan sangat menginginkan kualitas aparatur Indonesia berkembang," kata Moeldoko.

Ia juga mengenang almarhum Tjahjo Kumolo sebagai sosok yang ramah dan selalu tampil tenang dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya.

Baca Juga: Menpan RB Tjahjo Kumolo Tutup Usia, Keluarga: Jenazah Akan Disemayamkan di Rumah Dinas

"Sangat humble orangnya. Tentunya kita semua kehilangan," tambah Moeldoko.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga turut menyampaikan ucapan dukacita. Ia menyampaikan kesannya bekerja bersama Tjahjo Kumolo sebagai menteri di kabinet Joko Widodo.


Sri Mulyani mengenang Tjahjo Kumolo sebagai sosok yang selalu dapat diandalkan dalam kerja bersama memperbaiki dan mereformasi pemerintahan.

Baca Juga: Mengenang Kiprah Almarhum Tjhajo Kumolo di Dunia Politik Indonesia...

“Seorang rekan sejawat yang selalu kompak dan dapat diandalkan dalam menjalankan program-program perbaikan dan reformasi di pemerintahan, baik sebagai Menteri Dalam Negeri maupun sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” ungkapnya.

Seperti diberitakan, Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo Jakarta, pukul 11.00 WIB, Jumat (1/7).

Sebelumnya, eks Mendagri 2014-2019 tersebut menjalani perawatan intensif sejak dua pekan terakhir karena mengalami infeksi paru-paru.

 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x