Kompas TV nasional breaking news

Mensesneg Pratikno akan Pimpin Upacara Pemakaman Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata

Kompas.tv - 1 Juli 2022, 15:35 WIB
mensesneg-pratikno-akan-pimpin-upacara-pemakaman-tjahjo-kumolo-di-tmp-kalibata
Peti yang membawa jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo dikeluarkan dari ambulans setibanya di rumah duka di Jalan Widya Chandra IV No.22, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS. TV – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno bakal bertindak sebagai inspektur upacara pelepasan jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

Mahfud MD yang juga menjabat Menpan RB ad interim, akan memimpin upacara pelepasan Tjahjo Kumolo di Kantor Kementerian PAN RB.

Sementara Mensesneg Pratikno menjadi inspektur upacara pemakaman jenazah Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jumat (7/1/2022).

Informasi mengenai upacara pelepasan Tjahjo Kumolo ini disampaikan Sekretaris Kementerian PAN RB Rini Widyantini kepada wartawan.

“Kami  ingin menginformasikan yang akan menjadi irup (inspektur upacara, red) nanti di kantor Menpan adalah bapak Menko Polhukam. Kalau di Taman Makam Pahlawan adalah Menteri Sekretaris Negara,” ujar Rini.


Baca Juga: Jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo Tiba di Rumah Duka, di Komplek Menteri untuk Disemayamkan

Rini juga menyatakan, sebelum dibawa ke TMP Kalibata, jenazah Tjahjo Kumolo akan disembahyangkan terlebih dulu di Masjid Quba di Kementerian PAN RB.

“Akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, dan akan disembahyangkan di Masjid Quba di Kementerian PAN RB,” tuturnya.

Sebelumnya Menko Polhukam Mahfud MD yang menjabat sebagai Menpan RB ad interim menyampaikan bahwa keluarga besar Kementerian PAN RB sangat berduka atas meninggalnya Tjahjo Kumolo.

Baca Juga: Sampaikan Duka Cita, Jusuf Kalla: Tjahyo Kumolo Abdi Negara Yang Baik

“Kami keluarga besar Kemenpan RB sangat berduka perginya pak Tjahjo,” kata Mahfud MD, ditemui di Kantor Kementerian PAN RB, Jumat.

Dia menyebut seluruh pegawai kementerian tersebut merasa sangat kehilangan sosok seorang bapak yang telah memimpin Kementerian PAN RB dengan sangat baik.

Menurutnya, Tjahjo Kumolo dikenal sebagai menteri yang selalu mempersiapkan segala sesuatu dengan baik terutama ketika dia hendak berbicara.

Baca Juga: Jenazah Almarhum Tjahjo Kumolo akan Disemayamkan di Kompleks Menteri, Begini Situasinya...

“Seluruh karyawan merasa berduka dan merasa kebilangan seorang bapak yang sangat baik, selalu well prepared mempersiapkan dengan baik apa-apa yang harus disampaikan, sehingga tidak berhadapan dengan data yang kosong,” ungkap Mahfud.

Mahfud pun menyatakan bahwa selama dipimpin Tjaho Kumolo, Kementerian PAN RB tertata dengan baik.

“Menpan RB tertata dengan baik selama dipegang pak Tjahjo. Mudah-mudahan ini menjadi amal jariyah bagi kebaikan bangsa dan negara,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x