Kompas TV nasional peristiwa

Sebelum Masuk RS, Almarhum Tjahjo Kumolo sempat Melakukan Lawatan Kerja ke Sejumlah Negara

Jumat, 1 Juli 2022 | 13:57 WIB
sebelum-masuk-rs-almarhum-tjahjo-kumolo-sempat-melakukan-lawatan-kerja-ke-sejumlah-negara
Mendiang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo saat berkunjung ke Turkiye beberapa waktu lalu. Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta, Jumat (1/7/2022) siang. (Sumber: Kementrian PANRB.)

Penulis : Iman Firdaus | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022).

Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, politikus PDIP ini sempat dirawat di Rumah Sakit Abdi Waluyo selama dua pekan, pertengahan Juni.

Namun, dalam catatan kementerian, di awal Juni atau sebelum masuk rumah sakit, Tjahjo sempat mengadakan lawatan kerja ke sejumlah negara, yaitu Uni Emirat Arab, Georgia dan Turki.

 Di Uni Emirat Arab, Tjahjo meninjau pelayanan publik pada Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Dubai, Uni Emirat Arab, pada Senin (6/6). 

Ia menyampaikan pelayanan yang diberikan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan standar operasional yang ditetapkan.

“Kami tadi mewawancarai WNI yang mengantre, mereka menyatakan kepuasannya. Mudah-mudahan ini bisa dipertahankan dan bisa menyeluruh ke negara lainnya,” jelas Tjahjo Kumolo kala itu.

Disampaikan bahwa bagian dari reformasi birokrasi, Kementerian Luar Negeri dapat melakukan percepatan dalam melayani WNI dengan cara jemput bola.

Selain itu penyelenggara layanan dapat menginventarisasi masalah yang kerap ditemukan masyarakat Indonesia yang ada di Dubai untuk peningkatan pelayanan.

Dengan inovasi-inovasi yang baru, diharapkan birokrasi yang panjang bisa menjadi pendek dan berdampak pada kepuasan masyarakat.

Menurut mantan Sekjen PDIP itu sebagai garda terdepan di luar negeri, KJRI memiliki tugas melayani WNI dengan cepat, baik dalam kepengurusan dokumen maupun permasalahan lainnya.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x