Kompas TV video vod

Mengenang Sosok Tjahjo Kumolo Semasa Hidupnya, Eriko: Almarhum Murah Senyum dan Sabar

Kompas.tv - 1 Juli 2022, 12:25 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia usai menjalani perawatan intensif selama 2 minggu di rumah sakit.

Memang dalam beberapa waktu terakhir Menpan RB Tjahjo Kumolo sempat dirawat di rumah sakit.

Pesan dari Ketua Umum PDI Perjuangan melalui Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga adalah memberikan yang terbaik, memberikan penghormatan terakhir untuk Tjahjo Kumolo yang dulu sempat menjadi Sekjen PDI Perjuangan, kemudian duduk sebagai anggota Komisi II DPR RI, menjabat menjadi Menteri Dalam Negeri, dan terakhir jabatan yang diemban adalah sebagai Menpan RB.

Baca Juga: Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Politikus PDIP Sebut karena Komplikasi

Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga mengatakan bahwa sosok Tjahjo Kumolo merupakan orang yang murah senyum dan sabar.

Almarhum selalu menekankan agar politisi harus memiliki kebijaksanaan, kecerdasan, dan juga kesantunan dalam berpolitik, entah itu dari sesama rekan internal partai maupun diluar.

Dan itulah yang membuktikan, akhirnya tugas-tugas yang diamanatkan kepada Almarhum Menpan RB Tjahjo Kumolo selalu dilaksanakan dengan maksimal dan sebaik mungkin.

Profil Tjahjo Kumolo

Adapun semasa hidupnya, Tjahjo dikenal sebagai seorang politikus Indonesia yang bernaung di bawah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

Pria berkelahiran Solo, Jawa Tengah, 1 Desember 1957 ini merupakan politisi senior yang sukses menjadi menteri di dua kementerian di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Begini Situasi di RS Abdi Waluyo, Tempat Almarhum Tjahjo Kumolo Menghembuskan Napas Terakhirnya

Karir politik Tjahjo dimulai saat menjadi Anggota Komisi II, III dan Anggota BKSAP DPR RI (1987, 1992) dan Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) pada 1990-1993.

Kariernya di PDIP dimulai sebagai direktur SDM Litbang tahun 1999 hingga 2002. Ia terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009-2014 dari PDIP dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I.

Dia kemudian menjadi Ketua Fraksi PDIP di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

Tjahjo Kumolo secara mengejutkan dipilih oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal DPP PDIP periode 2010-2015. Pada periode sebelumnya, Tjahjo duduk sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDIP. 

Pada 2014, dia ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Dalam Negeri dalam Kabinet Kerja 2014-2019.

Tjahjo juga sempat menjadi pelaksana tugas alias Plt Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia di akhir masa jabatan periode pertama Jokowi. Dia menjabat sebagai Plt selama 20 hari, dari tanggal 1 hingga 20 Oktober 2019.

Terakhir, Tjahjo kembali masuk jajaran Kabinet Indonesia Maju. Dia didapuk sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Hingga hari ini, posisinya belum tergantikan.

Baca Juga: Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Mahfud MD: Saya Bersaksi bahwa Almarhum Orang Baik

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x