Kompas TV regional berita daerah

Pesta Kesenian Bali, Ajang Kenalkan Seni Dan Budaya Bali

Kompas.tv - 1 Juli 2022, 12:10 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV - Bali tidak hanya terkenal sebagai destinasi wisata dengan panorama alam yang semata. Seni dan budaya Bali juga menjadi magnet wisatawan berkunjung ke pulau seribu pura ini.

Pesta Kesenian Bali merupakan satu agenda tahunan, yang menampilkan kesenian, budaya, hingga kerajinan khas pulau dewata. Pesta Kesenian Bali ke-44 tahun 2022 dibuka oleh Mentri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian, dengan pawa kesenian dan drama tari sendratari.

Pada ajang ini, wisatawan dimanjakan dengan hiburan pagelaran seni Bali, seperti musik tradisional gender wayang, dan pagelaran drama tari prembon dengan lakon cerita yang dibalut dengan komedi yang mengundang gelak tawa pengunjung.

Tidak hanya pagelaran, pemaran seni lukis klasik juga memukau para pengunjung. Berbagai kerajinan khas Bali juga ditampilkan pada ajang ini, yang dapat menjadi buah tangan wisatawan. Mulai dari kerajinan wastra nusantara dengan tenunan khas Bali, kerajinan perhiasan perak khas Bali, keris, kerajinan ulatan, genta, kipas lukis Bali, hingga produk kerajinan dari seluruh kabupaten kota di Bali. Tidak hanya itu puspa pesona, anggrek asli pulau dewata juga menghiasi PKB ke 44 ini. Menurut pengamat, ajang yang digelar selama sebulan ini mampu meningkatkan perekonomian Bali yang sempat terpuruk karena pandemi Covid 19.

Pesta Kesenian Bali ke 44 tahun 2022 mengambil tema Danu Kerthi Huluning Amreta yang bermakna memuliakan air sebagai sumber kehidupan. PKB dipusatkan di Taman Budaya Art Center Denpasar yang dimulai dari tanggal 12 Juni hingga 10 Juli 2022, dengan melibatkan 16 ribu  seniman, selain pentas seni juga digelar pameran IKM Bali Bangkit.
 

 

 

 

 

 

#pestakesenianbali #pkb2022 #artcebterdenpasar

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x