Kompas TV entertainment selebriti

Perjalanan Panjang Kasus R Kelly Hingga Divonis 30 Tahun Penjara Akibat Pelecehan Seksual

Jumat, 1 Juli 2022 | 18:17 WIB
perjalanan-panjang-kasus-r-kelly-hingga-divonis-30-tahun-penjara-akibat-pelecehan-seksual
Foto ini diambil pada 9 Mei 2008, ketika R Kelly tiba untuk menghadiri persidangan pornografi anak di Cook County Criminal Courthouse di Chicago, Amerika Serikat. (Sumber: Associated Press)

Penulis : Dian Septina | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyanyi R Kelly divonis 30 tahun penjara atas kasus pelecehan seksual yang termasuk manipulasi, eksploitasi anak di bawah umur, dan perdagangan seks.

Selama lebih dari dua dekade, pria bernama asli Robert Sylvester Kelly telah menjadi predator seks untuk banyak perempuan dan gadis di bawah umur.

Kelly juga diketahui sebagai korban pelecehan seks anak, dan merinci dalam otobiografinya bagaimana dia diperkosa oleh seorang anggota keluarga perempuan ketika dia berusia delapan tahun.

Berikut jalan panjang hingga divonis 30 tahun penjara atas kasus perdagangan seks yang menimpanya.

Baca Juga: R. Kelly Divonis 30 Tahun Penjara, Korban Pelecehan Seksual Angkat Bicara setelah Belasan Tahun Diam

1994: Menikah dengan Aaliyah, penyanyi berusia 15 tahun

R Kelly, yang berusia 27 tahun, menikahi Aliyaah, penyanyi yang tengah naik daun di tahun 1994 saat masih berusia 15 tahun.

Namun, ia memalsukan usia pengantin perempuannya menjadi 18 tahun agar bisa menikah secara resmi. Aksinya kemudian terbongkar sehingga pernikahan keduanya dibatalkan pada Februari 1995.

1996: Digugat mantan kekasih karena tekanan emosional

R Kelly juga pernah digugat Tiffany Hawkins, mantan kekasihnya, karena menyebabkan cedera pribadi dan tekanan emosional pada 1996.

Dalam dokumen pengadilan, Hawkins mengaku berhubungan seksual saat masih berusia 15 tahun, sedangkan kekasihnya berumur 24 tahun pada 1991 dan hubungan itu berakhir ketika dia berusia 18 tahun.

2000: Digugat pekerja magang

Penyanyi R&B ini kembali digugat karena perilaku seksualnya, kali ini oleh wanita yang berusia 17 tahun.

Tracy Sampson yang pernah magang di Epic Records, perusahaan rekamannya, mengaku dijadikan obyek seks pribadi dan ditelantarkan setelahnya.

2002: Tuduhan aborsi dan video seks tanpa izin

Tuntutan baru datang dari Patrice Jones, seorang wanita Chicago yang mengeklaim dihamili dan dipaksa aborsi ketika masih di bawah umur.

Selain itu, Montina Woods juga menggugat R Kelly, menuduhnya merekam hubungan seks mereka tanpa sepengetahuannya yang kemudian dijual.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x