Kompas TV regional berita daerah

Kampanye Kebersihan Sungai Lewat Lomba Memancing

Kompas.tv - 1 Juli 2022, 10:53 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Ribuan warga di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah dan pecinta mancing mania dari berbagai wilayah, memadati saluran irigasi di depan Panti Asuhan Yayasan Muhammadiyah (PAYM) Kajen, Kabupaten Pekalongan. Bukan tanpa alasan, mereka berkumpul untuk mengikuti lomba memancing yang sempat tertunda dua tahun. Pelaksanaan lomba ini juga sebagai bentuk kampanye agar masyarakat menjaga kebersihan sungai.

Sebelum lomba dimulai, kegiatan diisi dengan pengajian dan pembukaan secara simbolis oleh Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq dan pengurus Muhammadiyah.

Dalam lomba kali ini panitia menaburkan sebanyak 3 kuintal ikan dari berbagai jenis diantaranya lele, bawal, patin, mujaer dan nila. Lomba ini tak hanya diikuti oleh orang tua, namun juga diikuti oleh anak-anak yang mengisi waktu liburan sekolah.

Keseruan muncul apabila peserta lomba mendapatkan ikan yang berpita merah putih pada bagian sirip atas. Pasalnya, apabila mendapatkan ikan tersebut perserta lomba berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp100.000. Total warga yang menjadi peserta dalam lomba ini yakni sebanyak 2.500 orang.

Dalam kegiatan lomba memancing ini Fadia Arafiq berpesan, agar warga terus bersama-sama menjaga sungai.

"Muhammadiyah kreatif banget, membuat kegiatan memancing hampir kurang lebih 2.500 orang dan yang paling penting adalah membuat sungai ini menjadi bersih," ujar Fadia Arafiq.

Selain sebagai bentuk kampanye, lomba ini sebagai ajang silaturahmi dan juga sebagai rangkaian jelang Muktamar Muhammadiyah, serta untuk mengenalkan pondok pesantren yang dibangun oleh pengurus Muhammdiyah Kabupaten Pekalongan.

Achmad Sholeh, panitia lomba menjelaskan, lomba ini sudah biasa digelar. Lomba memancing tahun ini sebagai lomba kelima, yang kemarin sempat tertunda selama dua tahun akibat adanya pandemi Covid-19.

Selain hadiah tunai, panitia juga menyediakan sejumlah hadiah berupa kulkas, jam dinding, kipas angin dan lainnya untuk para pemenang. Dengan adanya lomba ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Pekalongan dan sekitarnya.

#muhammadiyah #mancingmania #lombamancing



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x