Kompas TV nasional agama

10 Juli 2022 Iduladha, Simak Lagi Panduan Salat Iduladha dan Kurban di Tengah Wabah PMK

Kompas.tv - 1 Juli 2022, 10:54 WIB
10-juli-2022-iduladha-simak-lagi-panduan-salat-iduladha-dan-kurban-di-tengah-wabah-pmk
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tiga dari kiri) melaksanakan Salat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Senin (2/5/2022). Pemerintah putuskan Iduladha 2022 jatuh pada 10 Juli 2022, lantas bagaimana dengan wabah PMK? Berikut panduannya (Sumber: ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah menetapkan hari ini, Jumat 1 Juli 2022 adalah 1 Zulhijah 1443 H. Artinya, 10 hari lagi, yakni 10 Juli 2022 adalah Iduladha.

Umat Islam pun sudah bisa mulai menyiapkan kurban ataupun persiapan lain terkait hari Raya Iduladha 2022 di tengah kewaspadaan merebaknya virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di sejumlah tempat di Indonesia. 

Terkait hal ini, Kemenag sendiri telah menerbitkan surat Edaran terkait dengan pelaksanaan ibadah kurban dan salat Hari Raya Iduladha di tengah wabah PMK.

Di dalam SE tersebut juga dijelaskan tentang pelaksanaan takbiran, khutbah Iduladha, ketentuan syariat berkurban, hingga teknis penyembelihan, pengulitan, pencacahan, pengemasan, dan pendistribusian daging kurban.


“Bagi umat Islam, menyembelih hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha hukumnya sunnah muakkadah. Namun demikian, umat Islam diimbau untuk tidak memaksakan diri berkurban pada masa wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK),” kata Menag Yaqut Cholil Qoumas Sabtu (25/6/2022) lalu.

Baca Juga: Kemenag RI Terbitkan Panduan Salat dan Kurban Idul Adha di Tengah Wabah Covid-19 dan Hawar PMK

Beberapa ketentuan umum yang disebutkan di dalam SE tersebut di antaranya:

  • Pengurus dan pengelola masjid/musala memperhatikan status level pandemi di wilayah masing-masing dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,
  • Pengurus dan pengelola masjid/musala wajib menunjuk petugas yang memastikan sosialiasi dan penerapan protokol kesehatan kepada seluruh jemaah
  • Masyarakat diimbau untuk mengumandangkan takbir pada malam Hari Raya Idul Adha Tahun 1443 H/2022 M dan hari tasyrik di masjid/musala atau rumah masing-masing
  • Penggunaan pengeras suara mengacu pada Surat Edaran Menteri Agama Nomor SE. 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid/Musala
  • Salat Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1443 H/2022 M dapat diselenggarakan di masjid atau di lapangan terbuka dengan memperhatikan protokol kesehatan

Baca Juga: Resmi! Kemenag Tetapkan 1 Zulhijah 1443 Hijriah 1 Juli, Iduladha 10 Juli 2022

Di sisi lain, ada sejumlah ketentuan khusus dalam penyelenggaraan ibadah Idul Adha, di antaranya:

  • Umat Islam diimbau untuk membeli hewan kurban yang sehat dan tidak cacat sesuai dengan kriteria serta menjaganya agar tetap dalam keadaan sehat hingga hari penyembelihan
  • Umat Islam yang berniat berkurban dan berada di daerah wabah atau terluar dan daerah terduga PMK, diimbau untuk melakukan penyembelihan di Rumah Potong Hewan (RPH) atau menitipkan pembelian, penyembelihan, dan pendistribusian hewan kurban kepada Badan Amil Zakat, Lembaga Amil Zakat, atau lembaga lainnya yang memenuhi syarat.
  • Penentuan kriteria dan penyembelihan hewan kurban sesuai dengan syariat Islam

Kriteria hewan kurban
Jenis hewan ternak untuk kurban ialah unta, sapi, kerbau, dan kambing.

Usia unta minimal umur lima tahun, sapi dan kerbau minimal umur dua tahun, serta kambing minimal berumur satu tahun.

Kondisi hewan kurban yang sehat, dengan ciri-ciri:

  • a) tidak menunjukkan gejala klinis PMK seperti lesu, lepuh pada permukaan selaput mulut ternak termasuk lidah, gusi, hidung, dan teracak atau kuku
  • b) tidak mengeluarkan air liur/lendir berlebihan
  • c) tidak memiliki cacat, seperti buta, pincang, patah tanduk, putus ekor, atau mengalami kerusakan daun telinga kecuali yang disebabkan untuk pemberian identitas

Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan pada waktu yang disyaratkan, yakni Hari Raya Iduladha dan hari tasyrik (11, 12, dan 13 Zulhijjah).

Penyembelihan hewan kurban diutamakan dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH). Namun jika dilaksanakan di luar RPH, maka masyarakat harus menyembelih kurban di area yang luas dan direkomendasikan instansi terkait. 

Selain itu, penyelenggara perlu membatasi kehadiran pihak-pihak selain petugas penyembelihan hewan kurban dan orang yang berkurban.

Petugas penyembelihan kurban juga harus menerapkan protokol kesehatan pada saat melakukan penyembelihan, pengulitan, pencacahan, pengemasan hingga pendistribusian daging.

Kemudian, petugas perlu memastikan kesehatan hewan kurban melalui koordinasi dengan dinas/instansi terkait. Penyembelihan juga harus dilakukan oleh petugas yang kompeten dan sesuai dengan syariat Islam.

Petugas dan masyarakat wajib memperhatikan Surat Edaran Menteri Pertanian mengenai pelaksanaan kurban dan pemotongan hewan dalam situasi wabah penyakit mulut dan kuku (foot and mouth disease).

SE Kemenag tersebut juga mewajibkan Kepala Kantor Wilayah Kemenag di daerah untuk memantau pelaksanaan rangkaian ibadah Hari Raya Idul Adha 2022 di wilayah masing-masing.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.