Kompas TV entertainment selebriti

R. Kelly Divonis 30 Tahun Penjara, Korban Pelecehan Seksual Angkat Bicara setelah Belasan Tahun Diam

Kompas.tv - 1 Juli 2022, 10:55 WIB
r-kelly-divonis-30-tahun-penjara-korban-pelecehan-seksual-angkat-bicara-setelah-belasan-tahun-diam
Penyanyi R. Kelly divonis 30 tahun penjara dalam kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur, manipulasi, hingga perdagangan seks. (Sumber: www.r-kelly.com)
Penulis : Dian Septina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Musisi R&B, R. Kelly, divonis 30 tahun penjara dalam kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur, manipulasi, hingga perdagangan seks pada Rabu (29/6/2022) lalu.

Putusan ini sekaligus menjadi jawaban atas kasus panjang yang telah menjerat pelantun "I Believe I Can Fly" ini selama beberapa tahun belakangan.

R. Kelly diputus bersalah atas kasus pelecehan seksual yang menjeratnya pada September 2021.

Ia dinyatakan bersalah karena menyalahgunakan statusnya sebagai musisi papan atas untuk melakukan tindak kekerasan seksual pada perempuan dan anak di bawah umur selama dua dekade.

Ada sebelas pelapor yang terdiri dari sembilan perempuan dan dua laki-laki. Setelah melewati berbagai tahap persidangan, R. Kelly dinyatakan bersalah dalam semua tuduhan.

Baca Juga: Penulis "Bagaimana Cara Membunuh Suamimu" Divonis Penjara Seumur Hidup karena Bunuh Suaminya

Sejumlah korban R.Kelly hadir di persidangan yang digelar di Brooklyn, New York itu untuk mendengarkan secara langsung putusan hakim.

Para korban yang berbicara di pengadilan mengatakan bahwa mereka hampir tidak memiliki keinginan untuk hidup selama waktu mereka di bawah kendali Kelly.

"Kamu memanfaatkan ketenaran dan kekuasaan untuk melecehkan anak laki-laki dan perempuan demi kepuasan nafsu bejatmu," kata Angela di hadapan R. Kelly, dikutip Daily Mail, Jumat (1/7/2022).

Addie, korban lainnya, juga angkat bicara. Menurut pengakuan Addie, R. Kelly melecehkannya di sebuah konser dan meninggalkan trauma yang cukup mendalam baginya.

"Saya tidak pernah menyangka sebuah konser pada September 1994 akan mengubah hidup saya secara drastis," ucap Addie.

Ia memilih diam selama belasan tahun dan tidak pernah bertemu R.Kelly sejak kejadian tersebut. Sampai akhirnya, ia bersaksi di persidangan.

"Empat tahun terakhir menyadarkanku dengan kerasnya betapa diam menyakitkan banyak orang," lanjutnya.

Baca Juga: Tok! Seungri Eks BIGBANG Divonis 1 Tahun 6 Bulan Penjara

Atas hukuman yang dijatuhkan pada kliennya, pengacara dari penyanyi yang bernama asli Robert Sylvester Kelly itu mengatakan dia akan mengajukan banding.

Sang pengacara, Jennifer Bonjean, meminta hukuman 10 tahun, minimum wajib untuk hukumannya atau kurang.

"Dia telah berkontribusi kepada masyarakat dengan musik dan kemurahan hatinya, dan dia memiliki orang-orang yang mencintai dan mendukungnya," kata pengacara R. Kelly di pengadilan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.