Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

4 Poin Penting Pertemuan Jokowi dan Putin di Moskow

Kompas.tv - 1 Juli 2022, 08:23 WIB
4-poin-penting-pertemuan-jokowi-dan-putin-di-moskow
Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). (Sumber: The Associated Press.)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV — Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, Kamis (30/6/2022).

Presiden Rusia menyatakan dirinya sangat gembira atas kunjungan Presiden Indonesia Joko Widodo. Hal ini terungkap lewat transkrip pembicaraan yang dipublikasi Kremlin, kantor kepresidenan Rusia.

"Saya sangat senang melihat Anda di Rusia, di Moskow. Saya tahu ini adalah kunjungan pertama Anda ke negara kami," tutur Putin dengan semringah.

Usai pertemuan dengan Putin, Presiden Jokowi diketahui melanjutkan lawatannya menuju Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA) guna membahas investasi.

Lantas apa saja poin penting yang dibahas Presiden Jokowi saat bertemu Putin di Moskow, berikut ini rangkumannya:

1. Dorong perdamaian Rusia-Ukraina

Presiden Joko Widodo menegaskan, kepentingan Indonesia hanyalah agar perang segera diakhiri.

“Indonesia tidak punya kepentingan apa pun, kecuali perang dapat segera selesai,” kata Presiden Joko Widodo di salah satu poin pernyataannya, Kamis (30/6/2022).


 

Jokowi mengatakan, perang harus selesai agar rantai pasokan pangan dan pupuk dapat segera diperbaiki. Sebab, urusan pangan menyangkut kehidupan banyak orang.

Baca Juga: Usai Ketemu Putin, Jokowi Langsung Terbang ke Abu Dhabi untuk Bahas Investasi

Karena itu, Jokowi pun mengajak seluruh pemimpin dunia untuk bekerja sama untuk menghidupkan kembali semangat multilateralisme, semangat perdamaian dan semangat untuk bekerja sama.

“Hanya dengan spirit itulah, perdamaian dapat dicapai,” kata Jokowi yang sehari sebelumnya telah menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

2. Indonesia siap jadi jembatan perdamaian



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x