Kompas TV nasional agama

Bantu Penyelenggaraan Haji 2022, Delegasi Amirul Hajj 1443 H Berangkat ke Arab Saudi

Kompas.tv - 1 Juli 2022, 06:13 WIB
bantu-penyelenggaraan-haji-2022-delegasi-amirul-hajj-1443-h-berangkat-ke-arab-saudi
 Suasana pelaksanaan ibadah haji pada 29 Juli 2020 di Kota Mekkah, Arab Saudi. Pandemi COVID-19 membuat Pemerintah Arab Saudi membatasi pelaksanaan ibadah haji hanya bagi jemaah domestik dua tahun lalu. (Sumber: ANTARA/REUTERS/Saudi Ministry of Hajj)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

TANGERANG, KOMPAS.TV - Kementerian Agama (Kemenag) mengabarkan, delegasi Amirul Hajj 1443 H/2022 M berangkat ke Arab Saudi dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta hari ini, Jumat (1/7/2022). 

Delegasi Amirul Hajj akan berangkat dari Indonesia pukul 17.35 WIB menuju Jeddah, Arab Saudi mengunakan maskapai Garuda Indonesia.

Wakil Menteri Agama sekaligus Naib Amirul Hajj, Zainut Tauhid Sa'adi, menjelaskan Amirul Hajj Indonesia bertugas membantu pemerintah atau Kementerian Agama untuk memastikan bahwa penyelengaraan ibadah haji 2022 berjalan dengan baik selama mereka berada di Arab Saudi.

Baca Juga: Menag Yaqut Pimpin Amirul Hajj 1443 H di Arab Saudi, Apa itu?

Zainut mengatakan, tugas utama Amirul Hajj yang utama ada dua. Pertama, memberi pemahaman mengenai aspek ibadah dan aspek pelayanan teknis ibadah haji kepada jemaah. 

"Kami akan terus memantau dan memberikan bimbingan kepada jemaah haji Indonesia serta memberikan informasi-informasi dan pemahaman kepada jemaah agar mereka bisa melaksanakan ibadahnya dengan baik sesuai syarat serta rukun ibadah haji dan mendapatkan pahala haji yang mabrur, " kata Zainut jelang keberangkatan Amirul Hajj ke Arab Saudi, Kamis (30/6/2022) dilansir dari situs resmi Kemenag.

Kedua, delegasi Amirul Hajj akan melakukan monitoring dan evaluasi terkait masalah teknis penyelenggaraan ibadah haji 2022, di antaranya transportasi, akomodasi, dan katering.

"Harapan kami Kementerian Agama tentunya bersama stakholder terkait sudah melakukan persiapan-persiapan dengan maksimal  dengan memberikan pelayanan yang baik kepada jemaah haji," jelas Zainut. 

Baca Juga: Kemenag Putuskan Tak Ambil Tambahan 10.000 Kuota Haji, Ini Alasannya

Para anggota delegasi, kata Zainut, akan terus mengingatkan dan mengimbau jemaah haji untuk senantiasa menjaga kesehatan. Terlebih lagi, kondisi cuaca di Arab Saudi cenderung terik, hingga mencapai lebih dari 40 derajat celsius.

"Jemaah harus selalu menjaga kesehatan jangan sampai ada jemaah yang dehidrasi saat menjalani ibadah haji," imbuhnya. 

Delegasi Amirul Hajj yang bertolak ke Arab Saudi di antaranya Muhammad Hilal Al Aidid dari Nahdlatul Ulama (Naib Amirul Hajj), Agus Taufiqurrahman dari Muhammadiyah (Naib Amirul Hajj), Arif Fachruddin dari Majelis Ulama Indonesia (Anggota), Aay Muhammad Furkon, Masyhuri khamis Ahmad Kasim dari Al Washliyah (Anggota), Faisol Nasar dari Al Irsyad (Anggota), Mohammad Mukri Wiryosumarto dari UIN Raden Inten Lampung (Anggota), Muhammad Khoirul Muttaqin dari Kementerian Koordinator PMK (Anggota) dan Oscar Primadi dari Kementerian Kesehatan (Anggota).

"Mudah-mudahan semua itu bisa berjalan dengan lancar dan aman serta jemaah haji Indonesia mendapatkan haji yang mabrur termasuk dukungan kepada petugas dalam melayani jemaah haji," pungkasnya.



Sumber : Kompas TV, Kemenag

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.