Kompas TV internasional kompas dunia

Bertemu Jokowi di Moskow, Putin Tegaskan Indonesia Merupakan Mitra Utama Rusia Sejak Lama

Kompas.tv - 1 Juli 2022, 00:01 WIB
bertemu-jokowi-di-moskow-putin-tegaskan-indonesia-merupakan-mitra-utama-rusia-sejak-lama
Vladimir Putin saat bertemu Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Indonesia adalah mitra utama Rusia sejak lama. (Sumber: kremlin.ru)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

MOSKOW, KOMPAS.TV - Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengadakan pertemuan dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Moskow, Kamis (30/6/2022). 

Dalam pertemuan tersebut dibahas berbagai isu mulai dari ekonomi, ketahanan pangan hingga krisis yang terjadi di Ukraina. 

Seusai pertemuan tersebut, Putin melakukan pernyataan pers bersama Jokowi. 

Dalam pernyataan, Putin menegaskan bahwa Indonesia merupakan mitra utama Rusia di kawasan Asia Pasifik. 

Dia juga mengatakan bahwa kerja sama Indonesia dan Rusia telah terjalin baik dan berlangsung lama sejak kemerdekaan Indonesia. 

"Kami dengan senang hati menyambut Presiden Republik Indonesia di Kremlin. Ini adalah kunjungan pertama Bapak Joko Widodo sebagai Presiden ke ibu kota kita, Moskow. Kami sangat senang dengan acara ini," buka Putin yang dikutip dari laman resmi Kremlin. 

"Izinkan saya menekankan bahwa Indonesia adalah salah satu mitra utama kami di kawasan Asia Pasifik," lanjut Putin. 

Baca Juga: Bertemu Presiden Putin, Jokowi Tegaskan Tak Punya Kepentingan selain Perang Berakhir


"Hubungan Rusia-Indonesia bersifat konstruktif dan saling menguntungkan, berkembang dengan mantap atas dasar tradisi persahabatan dan bantuan timbal balik yang telah berlangsung lama."

"Izinkan saya mengingatkan Anda bahwa negara kita membantu pembentukan kenegaraan Indonesia, memperkuat posisi republik muda di kancah internasional."

"Dengan partisipasi spesialis kami, insinyur, pembangun, objek besar transportasi dan infrastruktur industri, stadion, rumah sakit, dan lembaga penting lainnya dibangun di Indonesia, banyak di antaranya terus bekerja hingga hari ini."

Lebih lanjut, Putin juga menjelaskan bahwa perbincangannya dengan Jokowi tentang kerja sama ekonomi Indonesia dan Rusia terus membaik. 

Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya tingkat perdagangan bilateral kedua negara. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x