Kompas TV regional berita daerah

Sandiaga Uno: Desa Wisata Ciptakan 1,1 Juta Lapangan Kerja Baru

Kompas.tv - 30 Juni 2022, 17:39 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS.TV - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Rabu sore berkunjung ke desa wisata Semen, Kabupaten Blitar. Dalam kegiatan ini, Sandiaga meninjau langsung berbagai wahana wisata yang jadi unggulan desa di lereng gunung Kawi tersebut.

Desa wisata Semen ini di kelola oleh para pemuda, dengan mengedepankan pariwisata berbasis kearifan lokal. Sehingga selain bisa menjaga kelestarian lingkungan, desa wisata Semen juga mampu menyerap tenaga kerja.

Hal itu sesuai dengan tujuan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, untuk menciptakan 1,1 juta lapangan pekerjaan. Meski ditengah pandemi, namun nyatanya tingkat kunjungan wisatawan ke desa wisata, justru meningkat hingga 30 persen. Sehingga ekonomi dan kesejahteraan warga desa juga ikut meningkat.

Desa Semen sendiri masuk dalam nominasi 50 besar desa wisata di Indonesia. Selain memiliki keunggulan wisata alam, desa Semen juga telah melengkapi fasilitas penunjang pariwisata seperti homestay dan toilet umum, yang bisa dijumpai dengan mudah dibeberapa tempat.

#blitar #pariwisata #sandiagauno #gunungkawi #beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x