Kompas TV regional berita daerah

Viral Video Dugaan Pungli di Terminal Tirtonadi

Kompas.tv - 30 Juni 2022, 17:09 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Video petugas Terminal Tirtoadi, Solo yang tengah melakukan pungutan liar (pungli), viral di media sosial. Dalam video tersebut terlihat salah satu petugas di terminal sedang bersama seseorang yang diduga kru sebuah perusahaan bus. Sekilas tidak ada yang janggal, namun saat diperhatikan, ada salam tempel di bawah berkas yang dipegang oleh petugas. Dalam video tersebut sang pengunggah juga menandai Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Terkait kasus ini, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Jateng DIY, Kementerian Perhubungan mengaku, jika oknum petugas tersebut sudah diklarifikasi dan pelaku mengakui di persidangan internal. Karena oknum petugas tersebut pegawai non ASN, maka diputuskan untuk dilakukan pemberhentian.

"Kemarin sudah kita lakukan sidang dan sudah klarifikasi yang bersangkutan. Ya sudah, diputuskan untuk dilakukan pemberhentian yang bersangkutan," ujar Eko Agus Susanto, Kepala BPTD Wilayah X Jateng DIY.

Kasus ini pun sampai di telinga Wali Kota Solo, Gibran. Dalam peristiwa ini Gibran merasa malu, karena terjadi di tempat yang berpredikat wilayah bebas korupsi. Namun Gibran mengapresiasi tindakan cepat pihak berwenang dan mengimbau masyarakat untuk tidak takut melapor jika menemukan praktek pungli.

"Pokoknya warga yang melihat kejadian-kejadian seperti itu, segera laporkan saja. Jangan takut memfoto atau video," ujar Gibran.

Pihak Terminal Tirtonadi akan terus memperketat pengawasan, terutama di celah-celah yang bisa dimanfaatkan oknum nakal. Gibran berharap, kasus semacam ini tidak terulang kembali.

#pungli #terminaltirtonadi #gibran

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x