Kompas TV religi beranda islami

7 Amalan di Bulan Zulhijah, Memperbanyak Pahala di Bulan Penuh Barakah

Kamis, 30 Juni 2022 | 14:53 WIB
7-amalan-di-bulan-zulhijah-memperbanyak-pahala-di-bulan-penuh-barakah
Ilustrasi berdoa. berikut ini merupakan amalan di bulan suci Zulhijah untuk memperbanyak pahala (Sumber: Pixabay)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Bulan Zulhijah adalah bulan istimewa dan dimuliakan dalam Islam. Pada bulan suci itu disarankan untuk memperbanyak amalan dan ibadah.

Di Indonesia, bulan Zulhijah dimulai pada Jumat 1 Juli 2022 berdasarkan hasil Isbat Kementerian Agama pada Rabu (29/6/2022).

Apa yang bikin Zulhijah istimewa?

Selain prosesi haji dan hari Raya Iduladha, bulan Zulhijah adalah satu dari empat bulan istimewa yang disebut asharul hurum atau bulan suci.

Tiga yang lainnya adalah Zulkaidah, Muharam dan Rajab. Hal itu berdasarkan dalil Al-Qur’an di Surat At-Taubah tentang empat bulan suci itu.

"Sesungguhnya bilangan bulan menurut Allah ialah dua belas bulan pada ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa." (QS At-taubah ayat 36).

Sedikitnya ada 7 amalan yang bisa digunakan dalam mengisi bulan Zulhijah yang kerap disebut bulan haji. Berikut beberapa amalan bagi umat Islam di bulan Sulhijah yang penuh barakah. 

Baca Juga: Jadwal Lengkap Puasa Sunah Bulan Juli 2022: Puasa Zulhijah, Arafah, Tarwiyah dan Ayyamul Bidh

7 Amalan di Bulan Zulhijah

Pertama, Puasa sunah

Umah Islam disunahkan untuk berpuasa selama 1-9 Zulhijah. Di dalamnya juga terdapat puasa Arafah dan Tarwiyah yang jatuh sebeum iduladha.

Kedua, Berkurban

Khusus ibadah kurban sendiri hanya bisa dilakukan di bulan Zulhijah bagi yang mampu. Itulah yang menjadi keistimewaannya.  

Sedangkan berkurban di hari biasa sifatnya adalah sedekah. 

"Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu dan berkorbanlah". (Al-Kautsar: 2).

Halaman Selanjutnya


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x