Kompas TV regional berita daerah

Bangkai Sapi Dibuang di Sungai, Diduga Mati Terjangkit PMK

Kompas.tv - 30 Juni 2022, 12:29 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Warga di Kabupaten Lumajang Jawa Timur menemukan 2 bangkai sapi di dasar sungai. Diduga bangkai sapi itu dibuang pemiliknya, karena mati tertular penyakit mulut dan kuku.

Video amatir itu memperlihatkan 2 bangkai sapi berada di dasar sungai mbok ninggar Desa Gedangmas, Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang. Sebagian bangkai sapi terbungkus sak.

Menurut seorang warga setempat, Supaidi, tidak ada satupun warga yang mengetahui siapa pembuang bangkai sapi tersebut. Warga baru mengetahui bangkai itu pada pagi hari. Bangaki itu diduga dibuang oleh pemiliknya pada malam hari.

Baca Juga: Vaksinasi PMK di Lumajang Mulai Digelar, Prioritas Sapi Perah

Camat Randuagung, Iskandar langsung memerintahkan pihak desa untuk mengubur bangkai sapi tersebut, karena diduga sapi itu mati akibat terjangkit penyakit mulut dan kuku.

Penyakit mulut dan kuku banyak menjangkiti hewan ternak di Kecamatan Randuagung, terutama sapi. Pemerintah setempat menghimbau masyarakat untuk mengubur hewan ternak yang mati dan bukan membuangnya di sungai.

Mengubur merupakan cara yang tepat agar tidak mengeluarkan bau busuk, mencemari lingkungan dan menyebarkan bakteri atau kuman.

 

#Bangkai #Sapi #PenyakitMulutKuku #Wabah #Sungai #Lumajang #Randuagung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.