Kompas TV regional berita daerah

Bangkai Sapi Dibuang di Sungai, Diduga Mati Terjangkit PMK

Kamis, 30 Juni 2022 | 12:29 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Warga di Kabupaten Lumajang Jawa Timur menemukan 2 bangkai sapi di dasar sungai. Diduga bangkai sapi itu dibuang pemiliknya, karena mati tertular penyakit mulut dan kuku.

Video amatir itu memperlihatkan 2 bangkai sapi berada di dasar sungai mbok ninggar Desa Gedangmas, Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang. Sebagian bangkai sapi terbungkus sak.

Menurut seorang warga setempat, Supaidi, tidak ada satupun warga yang mengetahui siapa pembuang bangkai sapi tersebut. Warga baru mengetahui bangkai itu pada pagi hari. Bangaki itu diduga dibuang oleh pemiliknya pada malam hari.

Baca Juga: Vaksinasi PMK di Lumajang Mulai Digelar, Prioritas Sapi Perah

Camat Randuagung, Iskandar langsung memerintahkan pihak desa untuk mengubur bangkai sapi tersebut, karena diduga sapi itu mati akibat terjangkit penyakit mulut dan kuku.

Penyakit mulut dan kuku banyak menjangkiti hewan ternak di Kecamatan Randuagung, terutama sapi. Pemerintah setempat menghimbau masyarakat untuk mengubur hewan ternak yang mati dan bukan membuangnya di sungai.

Mengubur merupakan cara yang tepat agar tidak mengeluarkan bau busuk, mencemari lingkungan dan menyebarkan bakteri atau kuman.

 

#Bangkai #Sapi #PenyakitMulutKuku #Wabah #Sungai #Lumajang #Randuagung


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


VOD

Kompak, 6 Terdakwa OOJ Sebut Ditipu Ferdy Sambo

Sabtu, 4 Februari 2023 | 14:55 WIB
Close Ads x