Kompas TV regional berita daerah

Inspiratif, Polisi Dirikan TPQ Gratis Untuk Anak-anak

Kompas.tv - 30 Juni 2022, 11:56 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BLORA, KOMPAS.TV - Anggota Satuan Samapta Polres Blora, Jawa Tengah, Aipda Adi Tri Sukmono, selain bertanggung jawab menjaga keamanan dan ketertiban, beliau juga memiliki jiwa kepedulian yang tinggi. Aipda Adi sangat peduli kepada lingkungan sekitar tempat tinggalnya, di Kelurahan Bangkle, Kecamatan Blora, Blora, Jawa Tengah.

Sejak tahun 2019, Aipda Adi mendirikan taman pendidikan Al-Qur'an yang ia beri nama TPQ Nurul Qur'an di garasi rumahnya. Setiap hari Aipda Adi dibantu istri dan guru mengaji lain mengajar mengaji dan ilmu agama untuk anak-anak.

Awalnya, TPQ ini hanya memiliki 9 santri, namun seiring berjalannya waktu kini ada 60 santri yang ikut belajar tanpa dibebankan biaya atau gratis.

"Dulu itu anak-anak memang saya lihat tidak ada yang mengaji, kesulitan mencari tempat ngaji. Akhirnya kita berinidiatif untuk mendirikan tempat ngaji, TPQ," ujar Aipda Adi.

Selain sebagai pendiri TPQ, Aipda Adi juga sebagai donatur utama. Saat ini, terdapat 7 orang guru mengaji yang terlibat di TPQ Nurul Qur'an. Untuk honor para guru, Aipda Adi mendapat bantuan dari rekan-rekan kerjanya di Polres Blora.

Menurut Sucipto, guru mengaji, Aipda Adi adalah sosok yang sibuk bekerja di Polres Blora, tetapi beliau mampu meluangkan waktu untuk mengajar anak-anak dengan baik.

Jajaran Polres Blora mengapresiasi aksi sosial Aipda Adi. Inisiatif dan kepeduliannya diharapkan dapat menginspirasi di tempat-tempat lain, sehingga semakin banyak anak yang dibantu.

"Saya patut memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya, mengucapkan terima kasih dan ikut bangga kepada salah satu adik kami, anak buah kami, Apda Adi Sukmono ini," ujar AKBP Aan Hardiansyah, Kapolres Blora.

Dengan menyelenggarakan TPQ secara gratis, Aipda Adi membantu anak-anak terutama dari keluarga kurang mampu untuk mendapatkan ilmu agama yang dibutuhkan dalam hidup.

#tpqnurulquran #aksisosial #polresblora
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x