Kompas TV regional berita daerah

Jadi Desa Wisata, Desa Kandri Mandiri Secara Ekonomi

Kompas.tv - 30 Juni 2022, 11:22 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS. TV - Sejak tahun 2012 Desa Kandri, Kecamatan Gunung Pati, ditetapkan sebagai desa wisata oleh Pemerintah Kota Semarang. Sejak saat itu, desa ini berbenah dan menjadi desa mandiri. Potensi wisata kemudian dimanfaatkan betul oleh warga dengan memanfaatkan kekayaan alam yang ada di desa ini.

Di tahun 2013, perekonomian  desa ini sudah menggeliat. Bahkan sempat mencapai puncak kunjungan wisata pada tahun 2018 dan 2019. Akibat adanya pandemi di tahun 2019, penutupan tempat wisata mengakibatkan sektor wisata dan UMKM Desa Kandri terpuruk.

Kini seiring dengan kondisi yang mulai membaik, desa Wisata Kandri mulai bangkit kembali. Begitu juga sektor UMKM yang disatukan dibawah naungan asosiasi mekarsari yang dibentuk oleh desa setempat.

"Sudah membuat asosiasi mekarsari namanya, UMKM yang ada di desa kandri. Produk unggulan itu rata-rata memang olahan dari hasil-hasil pertanian. Terutama yang paling banyak di Kandri itu singkong," kata Masduki, Ketua Kelompok Tani Muda Mandiri Kandri.

Perkembangan kunjungan wisata yang baik setelah pandemi, membuat warga Kandri mulai kembali semangat untuk berinovasi dengan memanfaatkan sumber alam, seperti singkong, umbi-umbian dan hasil ternak.

Mujiati, salah satu warga Kandri, memanfaatkan potensi singkong yang melimpah dengan memproduksi aneka makanan berbahan baku singkong dan umbi-umbian lain.

"Awalnya dibungkus kecil-kecilan, dijual di sekolah-sekolah. Pasarnya Semarang, terus dijual di rumah. Sampai Surabaya, Papua, kalimantan," kata Munjiati, perajin keripik.

Sementara itu, Eni lebih memilih mengolah hasil peternakan di Kandri berupa susu sapi dan susu kambing sanen yang diolah menjadi es susu dengan berbagai varian. Berawal dari iseng-iseng hanya membuat es susu untuk anaknya, Eni berhasil memasarkan produknya.

Potensi Kandri sebagai desa wisata sekaligus desa mandiri secara ekonomi dengan memanfaatkan potensi alam ini sempat menarik perhatian Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang datang langsung ke Kandri untuk melihat langsung potensi dan UMKM yang ada di Desa Kandri.

#desawisata #desakandri #umkm



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x