Kompas TV internasional kompas dunia

Pulang dari Ukraina Jokowi Segera Menuju Rusia, Bawa Pesan Zelenskyy untuk Putin

Kamis, 30 Juni 2022 | 06:13 WIB
pulang-dari-ukraina-jokowi-segera-menuju-rusia-bawa-pesan-zelenskyy-untuk-putin
Presiden Jokowi akan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada akhir Juni 2022. (Sumber: Tangkapan layar konferensi pers Kemenlu RI)

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

UKRAINA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana telah menyelesaikan lawatannya di Ukraina. Presiden Jokowi beserta rombongan terbatas kembali menuju Polandia untuk bertolak ke Moskow, Rusia, bertemu Presiden Vladimir Putin.

“Presiden Jokowi dan rombongan terbatas berangkat dengan menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB) dari Stasiun Central Kyiv tepat pukul 19.00 waktu setempat menuju Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia dan dijadwalkan tiba esok hari,” sebut Biro Pers, Rabu (30/6/2022).

“Dari Stasiun Przemysl Glowny, Presiden dan rombongan akan langsung menuju Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia, untuk kemudian melanjutkan lawatannya ke Moskow, Rusia.”

Sebagaimana diberitakan, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam lawatan ke Ukraina sempat meninjau kota yang hancur akibat invasi Rusia.

Baca Juga: Jokowi: Spirit Perdamaian Tidak Boleh Luntur, Saya Tawarkan diri Bawa Pesan Zelenskyy untuk Putin

Tak hanya itu, Ibu Negara Iriana juga memberikan bantuan kemanusiaan dari Indonesia kepada Ukraina.

Dalam waktu yang sangat terbatas, Presiden Jokowi juga bertemu dengan Presiden Ukraina Vlodymyr Zelenskyy.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

“Saya sampaikan ke Presiden Zelenskyy bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina,” ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: Misi Perdamaian Jokowi dan Dampak Perang Rusia Ukraina bagi Indonesia

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi juga menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah.

Meskipun masih sangat sulit dicapai, Presiden Jokowi juga tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur.

“Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera,” imbuhnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan.

Baca Juga: Zelensky Tantang Jokowi: Gandum Ukraina Harus Sampai ke Indonesia

Indonesia, kata Jokowi, dengan kemampuan yang ada akan berusaha memberikan kontribusi bantuan termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kyiv.

Presiden Jokowi menyampaikan pentingnya Ukraina bagi rantai pasok pangan dunia. Ia mengatakan, semua usaha harus dilakukan agar Ukraina bisa kembali melakukan ekspor bahan pangan.

“Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini,” tegasnya.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x