Kompas TV nasional sosial

Uhamka Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT, Kemendikbudristek: PTS Lain Tingkatkan Mutu Pembelajaran

Kompas.tv - 30 Juni 2022, 03:30 WIB
uhamka-raih-akreditasi-unggul-dari-ban-pt-kemendikbudristek-pts-lain-tingkatkan-mutu-pembelajaran
Uhamka meraih akreditasi Unggul yang dikeluarkan BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) bertepatan dengan Wisuda Magister, Sarjana dan Ahli Madya Uhamka Tahun 2022 Gelombang 2 (28/6/2022). (Sumber: Dok Humas Uhamka)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengeluarkan capaian akreditasi unggul bagi universitas di Indonesia.

Untuk kampus swasta, kali ini salah satunya diraih oleh Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka).

"Kami sampaikan sangat bersyukur dan terima kasih atas pencapaian yang telah diraih," ucap Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (29/6/2022).

Akreditasi Unggul adalah capaian tertinggi bagi universitas di Indonesia yang memiliki mutu dan dilakukan penilaian oleh BAN-PT. 

Sebagai informasi, setidaknya terdapat sembilan kriteria visi, misi, tujuan dan sasaran yang menjadi indikator, yakni; tata pamong, tata kelola dan kerjasama, mahasiswa, sumber daya manusia, keuangan, sarana dan prasarana, pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat luaran dan capaian tridharma.

Baca Juga: Uhamka Kembangkan Big Data untuk Evaluasi Waktu Subuh dan Kalender Islam

Prof Gunawan mengatakan, capaian tersebut merupakan hasil kolaborasi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan sejumlah kepentingan.

Secara kebetulan, pencapaian ini bertepatan dengan Wisuda Magister, Sarjana dan Ahli Madya Uhamka Tahun 2022 Gelombang 2 (28/6/2022) bertajuk "Profethic University untuk Generasi Unggul di Era Digital" di Balai Sidang Jakarta Conventional Center (JCC).

“Alhamdulillah raihan ini diterima pada saat Uhamka melepas Hamka muda (lulusan Uhamka) melanjutkan cita-citanya. Kita mendapat kado istimewa bahwa Uhamka dinyatakan terakreditasi Unggul," katanya. 

"Terima kasih atas doa dan kerja keras bapak-ibu dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan juga semua keluarga besar Uhamka. Semoga Allah membalas kebaikan dan semangat kita semua,” imbuhnya.

Prof Gunawan mengungkapkan, dari 2.887 universitas di Indonesia dan terdaftar di BAN PT, hanya 31 universita  terakreditas Unggul, salah satunya Uhamka.

Pengesahan akreditasi Unggul Uhamka disahkan melalui SK. No. 290/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/VI/2022.


Rektor Uhamka menambahkan, capaian akreditasi Unggul tersebut menjadi bukti dari berbagai macam raihan.

Hal ini melengkapi raihan lainnya, yakni sebagai Perguruan Tinggi Islam (PTI) terbaik di DKI Jakarta, pemeringkatan rangking ke-1 versi impact Webomatrics dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aiysiyah (PTMA) se Indonesia-Malaysia, dan menjadi Top 5 dari implementasi merdeka belajar kampus merdeka.

"Uhamka membuktikan komitmennya dalam meningkatkan kurikulum, sarana prasarana dan teknologi serta yang terpenting dalam bidang pendidikan," kata Gunawan, menegaskan.

Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Prof Nizam mengapresiasi akreditasi unggul yang diraih Uhamka itu.

Baca Juga: Menteri PPPA Harap Sekolah Perempuan Uhamka Jawab Tantangan Masa Kini

Oleh karena itu, Nizam pun mendorong PTS lainnya di Tanah Air agar dapat meraih akreditasi unggul pula, sehingga mampu meningkatkan mutu pembelajarannya.

Sebelumnya diketahui, Uhamka telah meraih akreditasi Unggul untuk Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x