Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Zelenskyy Hadiri KTT NATO dan Temui Macron dkk Pakai Kaos, Ketemu Jokowi Kenakan Kemeja

Kamis, 30 Juni 2022 | 06:05 WIB
zelenskyy-hadiri-ktt-nato-dan-temui-macron-dkk-pakai-kaos-ketemu-jokowi-kenakan-kemeja
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy bersama Presiden Joko Widodo menaiki tangga Istana Maryinsky, Kiev, Rabu (29/6/2022) sebelum melakukan pembicaraan tatap muka. (Sumber: Agus Suparto)

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menjamu Presiden Joko Widodo di Istana Maryinsky, Kiev, Rabu (29/6/2022). Pertemuan Jokowi-Zelenskyy ini dalam rangka kunjungan beruntun Presiden Indonesia ke Ukraina dan Rusia untuk membuka dialog damai.

Ketika bertemu, Jokowi dan Zelenskyy menunjukkan gaya berpakaian yang mirip. Keduanya terlihat sama-sama mengenakan kemeja dan sepatu sneakers.

Di Istana Maryinsky, Jokowi terlihat memakai kemeja putih, celana panjang hitam, dan sneakers hitam bersol putih.

Baca Juga: Jokowi dan Zelenskyy Kompak Pakai Sneakers dan Kemeja dengan Lengan Digulung, Berikut Foto-Fotonya

Sementara itu, gaya Zelenskyy juga kasual, memakai kemeja hijau, celana panjang abu-abu, serta sneakers abu-abu bersol putih.

Mereka berdua sama-sama menggulung lengan baju hingga siku.

Jokowi sendiri diketahui doyan memakai sneakers ketika melakukan kunjungan kerja. Pada 2018 lalu, Jokowi mengaku sneakers membuatnya lebih “lincah” dan mudah bergerak.

"Saya senang memakai sneakers, karena, selain enak dipakai, juga ringan. Sehingga, kita lebih lincah, lebih gesit," kata Jokowi dalam videonya yang diunggah pada 26 Agustus 2018 sebagaimana dikutip Kompas.com.


Sementara itu, sejak perang meletus, Zelenskyy memang kerap memakai kaos oblong dalam penampilan publiknya. Sang presiden kerap terlihat mengenakan kaos berwarna hijau militer.

Baca Juga: Menerka Keberhasilan Diplomasi 2 Jam Jokowi dengan Presiden Zelensky di Ukraina, Ini Kata Pengamat

Gaya berpakaian itu diyakini dipilih Zelenskyy untuk menunjukkan solidaritas kepada militer Ukraina yang berjuang di garis depan. Saat Jokowi dan Zelenskyy berbicara perdamaian, pasukan Ukraina di front Donbass dan front selatan di sekitar Mykolaiv sedang digempur Rusia.

Pilihan pakaian Zelenskyy dipertahankan ketika menjamu pemimpin-pemimpin dunia yang datang ke Kiev serta menghadiri konferensi penting.

Pada Rabu (29/6), sebelum menemui Jokowi, Zelenskyy menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) NATO di Madrid, Spanyol secara virtual. Zelenskyy memakai kaos oblong andalannya ketika berbicara dalam forum NATO.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy ketika berbicara secara virtual di KTT NATO di Madrid, Spanyol, Rabu (29/6/2022), beberapa jam sebelum bertemu Presiden Joko Widodo. (Sumber: Manu Fernandez/Associated Press)

Zelenskyy juga mengenakan pakaian serupa saat menjamu empat pemimpin Eropa, yakni Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri Italia Mario Draghi, dan Presiden Rumania Klaus Iohannis di Kiev pada 16 Juni lalu.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (tengah) saat menemui Kanselir Jerman Olaf Scholz (kiri), Presiden Prancis Emmanuel Macron (kedua dari kiri), Perdana Menteri Italia Mario Draghi (kedua dari kanan), serta Presiden Rumania Kalus Iohannis (kanan) di Kiev, 16 Juni 2022. (Sumber: Ludovic Marin/Pool AFP via AP)

Ketika Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengunjungi Kiev pada 11 Juni, Zelenskyy juga tampil memakai kaos. Di sampingnya, Von der Leyen tampil rapi mengenakan kemeja berbalut jas.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara dalam konferensi pers bersama Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen di Kiev, 11 Juni 2022. (Sumber: Natacha Pisarenko/Associated Press)

Gaya pakaian serupa ditampilkan Zelenskyy saat menjamu aktor Amerika Serikat (AS) sekaligus duta Komisariat Tinggi Urusan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR) Ben Stiller pekan lalu.

Akan tetapi, Zelenskyy kadangkala juga mengenakan kemeja hijau seperti yang dipakainya ketika menjamu Jokowi. Saat bertemu Perdana Menteri Inggris Raya Boris Johnson pada 17 Juni lalu, Zelenskyy mengenakan pakaian yang mirip.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (kanan depan) berbincang dengan Perdana Menteri Inggris Raya Boris Johnson (kiri depan) di Kiev, 17 Juni 2022. (Sumber: Biro Pers Kantor Kepresidenan Ukraina via Associated Press)


 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x