Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Jokowi dan Zelenskyy Berbincang di Meja Bundar, Akankah Perdamaian Rusia-Ukraina Tercapai?

Kompas.tv - 29 Juni 2022, 22:32 WIB
jokowi-dan-zelenskyy-berbincang-di-meja-bundar-akankah-perdamaian-rusia-ukraina-tercapai
Presiden Joko Widodo berbicara secara tatap muka dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di ruangan dengan meja bundar kecil di Istana Maryinsky, Kiev, Rabu (29/6/2022). (Sumber: Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kiev, Rabu (29/6/2022) sore waktu setempat. Sang presiden bertemu Zelenskyy dalam rangka kunjungan beruntun ke Kiev dan Moskow, Rusia; menemui kedua pihak yang tengah berperang.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada detail yang tersedia mengenai pembicaraan Jokowi-Zelenskyy.

Jokowi sendiri sebatas menyebut “membawa misi perdamaian” dalam pertemuan dengan Zelenskyy. Keduanya berbincang dengan menghadap meja bundar kecil yang terletak di ruangan dalam Maryinsky.

“Perjalanan saya ke ibu kota Ukraina dan bertemu Presiden Zelenskyy semata-mata untuk membawa misi perdamaian,” kata Jokowi melalui akun Twitter-nya.

Baca Juga: Momen Presiden Jokowi Tiba di Istana Maryinsky, Langsung Disambut Volodymyr Zelenskyy

Jokowi mengaku ingin membuka ruang dialog perdamaian dengan Putin dan Zelenskyy. Sejak 24 Februari, perang Rusia-Ukraina belum menunjukkan indikasi akan berakhir seiring pertempuran yang berkecamuk di kawasan Donbass.

Selain berusaha membuka ruang dialog, Jokowi disebut juga akan menawarkan solusi untuk mengatasi ancaman krisis pangan global akibat perang Rusia-Ukraina.

Menurut rilis Sekretariat Presiden RI yang diterima Kompas TV, Jokowi menegaskan bahwa rantai pasok pangan “harus diaktifkan kembali.”

“Dari Ukraina, saya akan menuju ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Sekali lagi, dengan misi yang sama, saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang,” kata Jokowi sebelum bertolak ke Eropa pada Minggu (26/6) lalu.

Presiden Joko Widodo berbicara secara tatap muka dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kiev, Rabu (29/6/2022). (Sumber: Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sebelum pertemuan Jokowi-Zelenskyy digelar, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi telah menemui Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba untuk menyiapkan pertemuan bilateral tersebut.

Sementara itu, Jokowi serta Ibu Negara Iriana meninjau dampak perang di Irpin, pinggiran Kiev terlebih dulu. Jokowi dan Iriana juga mengunjungi sebuah rumah sakit di Kiev untuk menyerahkan bantuan obat-obatan.

"Di dalam kunjungan ke Irpin, Bapak Presiden dan Ibu Negara didampingi atau diterima oleh Wali Kota Irpin dan dijelaskan mengenai kondisi Kota Irpin, di mana sekitar lebih dari 70 persen bangunan yang ada terdampak karena perang. Namun demikian, 40 persen dari penduduk Irpin dikatakan sudah kembali ke Kota Irpin," kata Retno.

Baca Juga: Terkuak! Ini yang Bakal Dibahas Jokowi-Putin di Rusia 30 Juni 2022


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x