Kompas TV entertainment lifestyle

Orang Tua, Lakukan Hal Ini agar Anak Terhindar dari Pelecehan Seksual

Kompas.tv - 29 Juni 2022, 21:50 WIB
orang-tua-lakukan-hal-ini-agar-anak-terhindar-dari-pelecehan-seksual

Pelecehan seksual tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Anak kecil yang lebih rentan, bisa menjadi korbannya. (Sumber: pixabay.com)

Penulis : Dian Septina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Maraknya kasus kekerasan seksual yang terjadi di banyak lokasi tanpa mengenal usia korban, hendaknya membuat orang tua memperketat pengawasan terhadap anak-anak. 

Mengajarkan anak untuk membentengi dirinya agar terhindar dari kasus kekerasan seksual sangat penting.

Psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani mengatakan, penting bagi orang tua mencegah pelecehan terjadi pada anak mereka.

Misalnya dengan memberikan pendidikan seksual bagi anak sejak dini supaya mereka memahami bagian-bagian tubuhnya.

"Kalau usia 0-2 tahun, kita menyampaikan semua anggota tubuh dengan nama asli. Jangan pakai nama lain,” kata Anna dalam Tokopedia Virtual Media Workshop memperingati Hari Keluarga Nasional 2022, Selasa (28/6/2022).

Baca Juga: Viral Video Pengejaran Pelaku Pelecehan Seksual di Mal, Polisi : Pelaku Diduga Alami Gangguan Mental

Ajari anak menghargai tubuhnya

Jangan ajarkan anak menyebut alat kelamin dengan kata ganti. Anna menyarankan, orang tua lebih baik menyebutnya sebagai penis dan vagina.

Tujuannya supaya anak dapat melaporkan dengan benar ketika suatu kejadian baru saja menimpa dirinya.

Di samping itu, orang tua perlu mengajarkan buah hatinya untuk berganti baju di tempat tertutup. Kebiasaan yang satu ini disebutnya mengajari anak untuk menghargai anggota tubuhnya, terlebih bagian-bagian yang sensitif.

Baca Juga: Lindungi Korban Pelecehan Seksual di Kereta Api, Erick Thohir Beri Penghargaan Kondektur

Ajari anak untuk melapor

Beri tahu anak bahwa yang boleh menyentuh dirinya hanya dia dan orang tuanya. Jika orang lain menyentuhnya secara sembarangan, harus sigap untuk melapor.

Karena, sebagian anak ada yang merasa takut apabila suatu kejadian tidak mengenakkan telah menimpa dirinya, termasuk ketika dilecehkan.

Anna menyampaikan, anak sejak usia dini harus diajarkan untuk menolak orang-orang yang ingin menyentuhnya selain orang tua atau pengasuhnya.

"Ajarkan kalau ada hal yang membuatnya tidak nyaman untuk lapor kepada orang tua, dan kita harus membuat anak nyaman," kata Anna.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x