Kompas TV religi beranda islami

Keutamaan Puasa Zulhijah, Tarwiyah, dan Arafah: Bisa Hapus Dosa Dua Tahun

Kompas.tv - 29 Juni 2022, 20:59 WIB
keutamaan-puasa-zulhijah-tarwiyah-dan-arafah-bisa-hapus-dosa-dua-tahun
Keutamaan puasa Zulhijah, Tarwiyah, dan Arafah. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Zulhijah 1443 H jatuh pada Jumat (1/7/2022). Oleh karena itu, masyarakat sudah dapat memulai ibadah puasa Zulhijah besok Jumat.

Sementara itu, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan 1 Zulhijah 1443 H jatuh pada Kamis (30/6/2022). Bagi persyarikatan Muhammadiyah dapat memulai puasa Zulhijah Kamis (30/6) besok ini.

Puasa Zulhijah merupakan ibadah puasa yang dilakukan pada tanggal 1-7 Zulhijah. Ibadah ini dapat dilanjutkan dengan puasa Tarwiyah pada 8 Zulhijah dan puasa Arafah pada 9 Zulhijah.

Baca Juga: Niat Puasa Zulhijah, Tarwiyah dan Arafah Lengkap Arab-Latin

Mengenai puasa Zulhijah, ada dalil sebagaimana diceritakan dari Hunaidah bin Khalid, dari istrinya, beberapa istri Rasulullah Saw mengatakan:

“Rasulullah biasa berpuasa pada sembilan hari awal Zulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya, awal bulan di hari Senin dan Kamis.” (HR. Abu Daud, no. 2437 dan An Nasa'i, no. 2374. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Mengutip buku Amalan Awal Dzulhijjah hingga Hari Tasyrik yang ditulis oleh Muhammad Abduh Tuasikal, beberapa sahabat Nabi juga menunaikan puasa selama sembilan hari di awal Zulhijah, yakni Ibnu Umar.

Baca Juga: Resmi! Kemenag Tetapkan 1 Zulhijah 1443 Hijriah 1 Juli, Iduladha 10 Juli 2022

Lantas, apa keutamaan puasa Zulhijah, Tarwiyah, dan Arafah?

Melansir Tribunnews, keutamaan puasa Zulhijah merupakan salah satu amalan yang dicintai oleh Allah. Hal ini termaktub dalam hadis Ibnu Abbas.

“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Zulhijah).”


Adapun, keutamaan puasa Tarwiyah memiliki keistimewaan tersendiri. Allah SWT menjanjikan akan menghapus dosa umat Muslim setahun lalu apabila mengerjakan amalan ini.

Baca Juga: Kapan Iduladha 2022? Simak Penjelasan versi Muhammadiyah dan Jadwal Sidang Isbat Hari Ini

Sementara itu, puasa Arafah yang bernilai hukum sunnah muakkad atau sangat dianjurkan memiliki keutamaannya tersendiri, yakni mendapatkan ampunan dosa-dosa di tahun lalu dan dosa yang akan datang.

Rasulullah Saw bersabda, "Puasa pada hari Arafah dapat menghapuskan dosa selama dua tahun, yaitu tahun yang berlalu dan tahun yang akan datang". (Riwayat jamaah ahli hadis kecuali Bukhari dan Tirmidzi).



Sumber : Kompas TV, Tribunnews

BERITA LAINNYA



Close Ads x