Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Momen Iriana Jokowi Dipeluk Pasien Ukraina di Rumah Sakit Kiev, Serahkan Bantuan Obat-Obatan

Rabu, 29 Juni 2022 | 19:48 WIB
momen-iriana-jokowi-dipeluk-pasien-ukraina-di-rumah-sakit-kiev-serahkan-bantuan-obat-obatan
Seorang pasien perempuan Ukraina menangis haru dalam pelukan Ibu Negara RI Iriana Jokowi saat dijenguk di rumah sakit Kiev, Rabu (29/6/2022). Iriana mendampingi Jokowi ketika menyerahkan bantuan obat-obatan ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kiev. (Sumber: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV - Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan dalam kunjungan ke Kiev, Ukraina, Rabu (29/6/2022). Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kiev.

Iriana bersama Jokowi mengunjungi rumah sakit itu usai meninjau dampak perang di Irpin, kota pinggiran Kiev. 

"Tadi saya sama Bapak Jokowi sedikit membantu untuk rumah sakit yang korban dari peperangan," kata Iriana sebagaimana rilis Sekretariat Presiden RI yang diterima Kompas TV.

Bersama Jokowi, Iriana menyempatkan diri masuk rumah sakit usai seremoni penyerahan bantuan dengan representatif lembaga tersebut.

Baca Juga: Usai Temui Volodymyr Zelenskyy di Kyiv, Jokowi Dijadwalkan Kembali ke Polandia dan Lanjut ke Rusia

Iriana sempat menemui pasien-pasien yang dirawat di Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Kiev. 

Seorang pasien perempuan tampak terkejut saat didatangi Ibu Negara RI itu. Perempuan itu kemudian memeluk Iriana sambil menangis haru.

Ibu Negara RI Iriana Jokowi menenagkan seorang pasien perempuan Ukraina yang terharu saat dijenguk di rumah sakit Kiev, Rabu (29/6/2022). (Sumber: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Iriana dan Jokowi pun menyempatkan diri menjenguk seorang pasien lain yang terbaring di rumah sakit. Iriana menyampaikan simpati kepada pasien itu sambil menepuk bahunya.

Didampingi Presiden Jokowi, Ibu Negara RI Iriana menepuk bahu seorang pasien Ukraina yang terbaring di rumah sakit Kiev, Rabu (29/6/2022). (Sumber: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Selain memberi bantuan obat-obatan ke rumah sakit, Pemerintah Indonesia melalui Jokowi juga memberikan bantuan untuk rekonstruksi rumah sakit yang rusak akibat perang melalui Palang Merah Ukraina.

"Selain bantuan yang secara simbolis disampaikan Ibu Negara, Pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina dan juga komitmen untuk membantu rekonstruksi rumah sakit yang terdampak perang," ucap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang ikut mendampingi Jokowi ke Kiev.

Jokowi mengunjungi Kiev pada Rabu (29/6) hari ini usai menempuh perjalanan berkereta selama 11 jam dari Polandia. Jokowi akan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sekitar pukul 15.00 waktu setempat atau 19.00 WIB.

Jokowi dan rombongan mengaku mengusung “misi perdamaian” dalam kunjungan ke Ukraina dan Rusia. Setelah mengunjungi Kiev, sang presiden akan bertolak ke Moskow, Rusia untuk ganti menemui Presiden Vladimir Putin.

Baca Juga: Menengok Kehancuran dan Jejak Brutalitas Rusia di Irpin, Kota Ukraina yang Dikunjungi Jokowi



 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x