Kompas TV nasional peristiwa

Wapres Ma'ruf Amin: Semoga Presiden Selamat dan Sukses Jalankan Misi Perdamaian Rusia-Ukraina

Kompas.tv - 29 Juni 2022, 15:34 WIB
wapres-ma-ruf-amin-semoga-presiden-selamat-dan-sukses-jalankan-misi-perdamaian-rusia-ukraina
Presiden Jokowi dan rombongan saat hendak bertolak ke Ukraina dari Polandia, Selasa (28/6/2022) waktu setempat (Sumber: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan lawatan Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia merupakan perjalanan penting dan bersejarah bagi Pemerintah Indonesia.

Dari Indonesia, Ma'ruf mendoakan agar perjalanan Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana dan rombongan selamat dan sukses dalam menjalankan misi perdamaian.

"Kita berdoa semoga perjalanan Presiden selamat dan sukses menjalankan misi perdamaian," kata Ma'ruf Amin dalam keterangan resmi yang diterima KOMPAS.TV, Rabu (29/6/2022).

Selain itu, Wapres yang mengemban tugas presiden selama kunjungan kerja ini berharap lawatan tersebut berhasil menciptakan perdamaian antara kedua negara, yakni Rusia dan Ukraina yang sedang berkonflik.

Baca Juga: Jokowi Tiba di Kiev, Akan Bertemu Zelensky di Istana Mariyinsky, Ini Jadwalnya

Bahkan lebih jauh, lanjut Ma'ruf, perdamaian itu bisa menjadi awal dari terciptanya pembangunan ekonomi dunia yang stabil di masa mendatang.

Ia juga menyebut bahwa lawatan Presiden ini menandakan prinsip Indonesia sebagai negara yang selalu menjunjung tinggi terciptanya perdamaian di dunia, sebagaimana misi yang diemban dalam pembukaan UUD 1945, dan dilaksanakan secara konsisten oleh Pemerintah Indonesia.


"Semoga lawatan presiden membawa hasil untuk terciptanya perdamaian antara kedua negara, Rusia dan Ukraina yang sedang berkonflik dan menjadi awal terciptanya pembangunan ekonomi dunia yang stabil di masa mendatang," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi tiba di Kiev, Ukraina pada Rabu (29/6/2022) pukul 08.48 waktu setempat atau pukul 12.48 WIB.

Berdasar keterangan jurnalis Harian KOMPAS di Kiev, Jokowi hanya akan bersua Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dengan durasi dua jam.

Pertemuan dijadwalkan berlangsung mulai pukul 15.00 hingga 17.00 waktu setempat atau pukul 19.00 hingga 21.00 WIB bertempat di Istana Mariyinsky.

“Kami memulai misi perdamaian ini dengan niat baik, semoga dimudahkan,” tulis Jokowi via Twitter, Rabu (29/6).

Terlepas dari itu, setiba di Kiev, Jokowi dan rombongan langsung bergegas menuju tempat istirahat yang berada di wilayah Maidan, Kiev.

Lokasi dari stasiun pemberhentian hingga tempat beristirahat telah disterilkan oleh aparat gabungan dengan senjata laras panjang yang menjaga di lokasi sejak pukul 05.00 pagi waktu setempat.

Baca Juga: Jokowi Tiba di Ukraina: Misi Perdamaian Ini dengan Niat Baik, Semoga Dimudahkan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.