Kompas TV regional berita daerah

100 Sapi Sehat di Salatiga Mendapat Vaksinasi Darurat PMK

Kompas.tv - 29 Juni 2022, 11:40 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SALATIGA, KOMPAS.TV - Setelah mendapat bantuan satu botol vaksin untuk 100 dosis suntik vaksin darurat penyakit kuku dan mulut atau PMK, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Salatiga, Jawa Tengah, menyuntikkan vaksin aftopor kepada 100 sapi sehat yang tersebar di Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga. Pemberian vaksin di daerah ini karena Kecamatan Tingkir merupakan daerah hijau, yakni tidak ada sapi yang terkena PMK.

Syarat sapi yang mendapat vaksin PMK adalah sapi sehat dewasa dan tidak bunting. Pemerintah Kota Salatiga merupakan satu dari delapan Kabupaten Kota di Jawa Tengah yang mendapat 100 dosis vaksin darurat agar PMK tidak menyebar. Vaksinasi ini merupakan tahap vaksin darurat, namun pada akhir Agustus 2022 vaksinasi massal akan digenjot.

"Salatiga termasuk satu diantara delapan Kabupaten Kota yang mendapatkan vaksin darurat. Nahh, jumlah vaksin darurat yang diterima pemerintah provinsi 1.500. Salatiga mendapat satu botol untuk 100 ekor," ujar Henny Mulyani, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Salatiga.

Di Kota Salatiga ada 5.662 sapi, 3.377 kambing, 874 domba dan 64 kerbau dan terdapat sebanyak 586 sapi dan 12 kambing terkena PMK. Pemkot Salatiga juga telah mendapat 55 botol vaksin aftofor untuk 5.500 dosis sapi dan kerbau yang sehat. Dengan adanya vaksinasi pada hewan ternak tersebut diharapkan bisa mencegah penyebaran PMK di Kota Salatiga.

#vaksinasi #pmk #vaksinaftopor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x