Kompas TV nasional peristiwa

Anies Bikin Gelombang 2 Ganti Nama Jalan DKI, Sejarawan Betawi Ungkap Fakta: Tidak Jakarta Sentris

Kompas.tv - 29 Juni 2022, 11:41 WIB
anies-bikin-gelombang-2-ganti-nama-jalan-dki-sejarawan-betawi-ungkap-fakta-tidak-jakarta-sentris
Sejarawan Betawi Ridwan Sadi soal ganti nama jalan di DKI (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sejarawan Betawi, Ridwan Saidi, mengungkapkan bahwa Anies Baswedan tidak berhenti di penggantian nama 22 tokoh DKI Jakarta saja, melainkan nantinya akan ada gelombang kedua dan segera diumumkan. 

Ia pun mengaku, dirinya juga memberi sumbangsih pemikiran untuk nama-nama tokoh yang nantinya tokoh itu disematkan pada nama jalan pada gelombang kedua nantinya. 

Ia pun mengungkap, dalam daftar gelombang kedua itu nantinya tidak hanya berasal dari nama tokoh yang lahir dari Betawi saja.

Melainkan adalah, lanjut penulis buku Orang Betawi dan Modernisasi Jakarta (LSIP) adalah tokoh-tokoh yang punya kontribusi untuk Jakarta, tapi bukan hanya orang keturunan Jakarta semata. 

Bahkan, dalam daftar gelombang nantinya ada yang Tionghoa. 

Menurut Ridwan Saidi, tokoh-tokoh yang dipilih Anies ini nantinya bukan sekadar berkontribusi bagi Jakarta saja, tapi sampai pada level internasional.

“Tokoh-tokoh Betawi banyak. Kriteria pemilihannya adalah, apa kontribusinya bagi nasional bahkan dunia. Saya ambil contoh untuk nanti tokoh untuk di gelombang kedua bernama Muhammad Bakir,” paparnya dalam Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Rabu (29/6/2022). 

Ridwan Saidi lantas menjelaskan tentang Muhammad Bakir, tokoh tersebut yang disebutnya sebagai tokoh yang menulis banyak sekali karya yang dinikmati di luar negeri.  

Sebagai informasi, dikutip dari Ensiklopedia Jakarta, nama Muhammad Bakir yang disebut Ridwan Saidi adalah seorang pelopor seni sastra Betawi.  

“Ia penulis, karyanya sekitar 50 tapi di karyanya perpusnas tidak banyak. Karyanya tersebari di perpustakaan luar negeri, di Amsterdam juga,” paparnya.

 “Jadi, kita nggak main tokoh kampung, kita main tokoh internasional, lalu kontribusinya ke Indonesia baru deh Jakarta ,” sambungnya.

Baca Juga: Anies Ganti 22 Nama Jalan di DKI, Sejarawan Betawi Sebut Tokohnya Jelas dan Bukan Dongeng

Bukan Jakarta Sentris

Ridwan Saidi juga menyebut, tokoh-tokoh dalam gelombang kedua nama jalan di DKI Jakarta yang akan diputuskan Anies nanti tidak hanya Betawi atau Jakarta sentris.

“Jadi kita bukan Betawi sentris atau Jakarta sentris. Di gelombang berikutnya akan juga ada nama Laksamana John Lie dan akan muncul nama Tan Tjeng Bok (aktor-red)," paparnya. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x