Kompas TV nasional sosok

Profil Sunny Tanuwidjaja, Mantan Staf Ahok yang Keluar PSI untuk Dukung Anies Baswedan

Kompas.tv - 29 Juni 2022, 11:53 WIB
profil-sunny-tanuwidjaja-mantan-staf-ahok-yang-keluar-psi-untuk-dukung-anies-baswedan
Bekas Staf Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Sunny Tanuwidjaja di Gedung KPK, Jakarta, (Sumber: KOMPAS.com-ABBA GABRILLIN)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sosok Sunny Tanuwidjaja ramai dibicarakan usai melepas jabatannya sebagai Sekretaris Dewan Pembina dan mundur dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie menyebutkan, alasan Sunny mengundurkan diri ialah untuk mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi pada pemilihan presiden 2024. 

“Bro Sunny gentleman mengakui akan men-support Anies dan untuk itu beliau mengundurkan diri,” kata Grace Natalie.

Keputusan ini diambil sebab PSI memilih untuk tidak mengusung Anies pada Pilpres 2024. Namun, hingga berita ini tayang, belum ada keterangan resmi dari Sunny terkait dengan dukungannya untuk Anies. 

Baca Juga: Bekas Orang Dekat Ahok, Sunny Tanuwidjaja, Mundur dari PSI Beralih Dukung Anies Baswedan

Kedekatan dengan Ahok

Sunny dikenal sebagai sosok yang memiliki kedekatan dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. 

Mengutip Kompas.com, kedekatan Sunny dengan Ahok berawal pada 2010 saat Ahok datang ke Amerika Serikat untuk memenuhi undangan salah salah satu perkumpulan orang Indonesia di mana Sunny adalah salah satu anggota perkumpulan itu. 

Menurut Ahok, saat itu ia sempat melontarkan keinginannya menjadi Gubernur DKI. Keinginannya itu kemudian mendapat dukungan dari Sunny dan rekan-rekannya di perkumpulan tadi. Setelah itu, kata Ahok, Sunny kemudian memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan mendampinginya.

Saat itu, Sunny berstatus sebagai mahasiswa S3 di Northern Illinois University, Sunny dan juga bekerja sebagai salah satu peneliti di Central for Strategic and International Studies (CSIS).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x