Kompas TV regional berita daerah

Cegah PMK, 600 Dosis Vaksin Diberikan Bagi Sapi Sehat

Kompas.tv - 29 Juni 2022, 11:08 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

MAGELANG, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, melakukan vaksinasi PMK perdana terhadap hewan ternak di Desa Podosoko, Kecamatan Sawangan, Senin (27/06/2022) siang. Hewan ternak yang menjadi sasaran untuk vaksinasi tahap awal ini merupakan hewan yang berada di daerah hijau, yang masih aman terhadap penularan PMK dan hewan ternak sapi yang dalam kondisi sehat dan belum pernah terjangkit PMK.

Menurut Bupati Magelang, Zaenal Arifin, pihaknya mendapatkan vaksin PMK sebanyak 600 dosis. Ditargetkan vaksinasi ini selesai pada 2 Juli 2022 dan melaporkan hasil vaksinasi tersebut kepada pemerintah pusat. Jumlah pemberian dosis vaksin yang diberikan masih dirasa kurang dibandingkan dengan jumlah hewan ternak sapi yang ada di Magelang.

"Dari kita dapat 600 itu, dari Dinas Peterikan (Peternakan dan Perikanan) memetakan potensi sentra sapi. Karena arahan dari Kementerian Pertanian ini fokus awalnya ada di sentra-sentra sapi, termasuk sapi perah," ujar Zaenal Arifin.

Sampai saat ini, kasus PMK yang ada di Magelang yakni sebanyak 736 kasus yang tersebar di 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Magelang.

#vaksinasi #pmk #dispeterikan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x