Kompas TV regional hukum

Tok! Angkot Tertabrak Kereta Api di Medan, Sopir Divonis 13 Tahun Penjara

Kompas.tv - 29 Juni 2022, 09:43 WIB
tok-angkot-tertabrak-kereta-api-di-medan-sopir-divonis-13-tahun-penjara
Majelis hakim di Pengadilan Negeri Medan, putuskan sopir angkot, Karto Manalu (40) divonis 13 tahun penjara lantaran menerobos perlintasan kereta api di Jalan Sekip Medan, Sumatera Utara. (Sumber: KompasTV/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

MEDAN, KOMPAS.TV - Sopir angkot di Medan, Karto Manalu (40) divonis 13 tahun penjara lantaran menerobos perlintasan kereta api di Jalan Sekip Medan, Sumatera Utara (Sumut) hingga menewaskan empat orang.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Medan diketuai Sapril Batubara mengatakan terdakwa terbukti melanggar Pasal 311 ayat 4, 5 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2006 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Pasal 127 ayat 1 huruf A UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Dalam vonis yang dibacakan hakim, pada Selasa (28/6/2022) Karto Manalu tak hanya diberi hukuman penjara. Sidang juga memutuskan secara resmi untuk mencabut Surat Izin Mengemudi (SIM) atas nama terdakwa.

"Menjatuhkan terdakwa Karto Manalu dengan pidana penjara selama 13 tahun, dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan," kata majelis hakim seperti dilansir dari Tribun Medan, Selasa (29/6/2022).

Dalam putusan itu, hakim menyebut juga turut mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan bagi terdakwa. Yakni, perbuatan terdakwa yang mengakibatkan kematian dan belum ada perdamaian dengan para korbannya.

Baca Juga: Mobil yang Mengangkut 14 Wisatawan Tertabrak Kereta Api, 5 Tewas dan 9 Lainnya Luka-Luka

Sedangkan terkait hal-hal yang meringankan, hakim menyebut bahwa dalam kasus ini terdakwa terus terang dan mengakui perbuatannya.

Diketahui, vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Medan, Ramboo Loly Sinurat yang sebelumnya menuntut Karto dengan pidana penjara selama 16 tahun.

Serta hukuman tambahan berupa pencabutan SIM dan izin beroperasi angkutan umum terhadap terdakwa.

Untuk diketahui, insiden mobil angkot tertabrak kereta api (KA) di Medan terjadi pada Sabtu, 04 Desember 2021 sekitar pukul 10.00 WIB.

Berdasarkan penjelasan hakim, saat itu terdakwa Karto, warga Desa Bangun Sari, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, tengah mengemudikan angkot Wampu Mini trayek 123.

Terdakwa berangkat dari pangkalan Wampu Mini 123 di Jalan Bunga Ncole dengan tujuan pangkalan Wampu Mini 123 di Jalan Kayu Putih, simpang Mabar.

''Namun di Jalan Barakuda simpang Tol Tanjung Morawa, terdakwa melihat teman-temannya di warung tuak. Karto singgah di warung tuak tersebut lalu meminta tuak setengah botol air mineral ukuran kecil. Setelah itu, terdakwa mengemudikan angkotnya mencari sewa sambil meminum tuak," kata hakim.

Kemudian, saat melintas di Jalan Sekip, tepatnya dari arah Jalan Gereja, terdakwa melihat banyak kendaraan berhenti karena ada kereta api hendak melintas.

Baca Juga: Rawan Kecelakaan, KAI Daop 1 Jakarta Tutup 6 Perlintasan Liar, Ini Daftarnya

Meski melihat palang perlintasan kereta api sudah turun, namun terdakwa tetap nekad memaksakan angkotnya melewati kendaraan yang sudah berhenti dan berusaha menerobos palang perlintasan.

Nahas, tiba-tiba kereta api Sri Lelawangsa jurusan Binjai-Medan muncul dan langsung menabrak bagian kiri angkot. Akibat kejadian itu, empat orang dinyatakan meninggal dunia dan beberapa orang alami luka-luka.



Sumber : Tribun Medan


BERITA LAINNYA



Close Ads x